Mengunjungi, Membaca, dan Memberikan Komentar di Blog

Juli 07, 2020

Ngainun Naim


Apa hal membahagiakan yang dirasakan oleh seorang blogger? Jika Anda memiliki blog, salah satu yang membahagiakan adalah blog Anda dikunjungi orang. Hanya itu? Tentu akan lebih berbahagia lagi manakala tamu yang baik hati tersebut berkenan meninggalkan komentar.
Semakin banyak dikunjungi dan semakin banyak komentar, rasanya bahagia sekali. Sesederhana apa pun tulisan yang dibuat ternyata ada apresiasi. Jika tidak ada yang berkunjung atau berkomentar, banyak blogger yang kemudian patah semangat. Bahkan ada yang kemudian meninggalkan kebiasaan baik menulis di blog. Tentu ini disayangkan karena menulis di blog itu banyak sekali manfaatnya.
Manusia itu membutuhkan penghargaan orang lain. Saya kira itu bagian tidak terpisah dari karakter manusia. Sebagian besar manusia suka diapresiasi dan tidak suka jika direndahkan. Mana ada orang yang bahagia dengan diremehkan atau direndahkan? Jika ada, mungkin itu manusia khusus.
Apa manfaat mengunjungi blog? Saya pernah membuat catatan ringan dengan judul “blog walking”. Intinya adalah ajakan untuk mengunjungi blog kawan. Ada beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari blog walking. Pertama, menambah pengetahuan.  Saat Anda mengunjugi blog, Anda akan memperoleh pengetahuan baru. Isi tulisan di blog yang Anda kunjungi sangat mungkin membuat Anda menemukan hal-hal yang belum Anda ketahui. Saat saya menulis artikel di https://spirit-literasi.blogspot.com/2020/06/membaca-dan-kemajuan.html., beberapa orang berkomentar bahwa mereka belum pernah memanfaatkan aplikasi iPusnas. Setelah membaca artikel saya, mereka mendapatkan pengetahuan baru yang—menurut mereka—cukup bermanfaat.
Kedua, membaca menambah sahabat. Sahabat itu penting artinya. Jika Anda mengunjungi sebuah blog, jangan lupa berlangganan. Ini penting agar saat ada tulisan baru, Anda akan mendapatkan pemberitahuan. Jika ada waktu, segera kunjungi dan tinggalkan komentar Anda.
Ketiga, menambah pahala. Kok bisa? Seluruh aktivitas hidup kita sesungguhnya bisa bernilai ibadah sepanjang kita memang berniat untuk ibadah. Begitu juga dengan kunjungan dan komentar yang Anda tinggalkan di blog yang Anda kunjungi. Komentar Anda membahagiakan penulis blog. Membahagiakan orang itu kan ibadah. Ada sangat banyak penjelasan dalam Al-Qur’an dan Hadis tentang hal ini.
Keempat, melatih keterampilan menulis. Usahakan saat meninggalkan komentar tidak sebatas “mantap, jos, keren, dan sejenisnya”. Buatlah komentar yang utuh. Komentar utuh menunjukkan bahwa Anda memang membaca blog tersebut. Komentar itu juga merupakan bentuk latihan menulis. Semakin sering Anda membuat komentar panjang maka keterampilan menulis Anda semakin meningkat.
Tentu ada banyak lagi manfaat yang bisa Anda identifikasi dari mengunjungi, membaca, dan memberikan komentar di blog. Saatnya sekarang Anda memanfaatkan blog sebagai media meningkatkan keterampilan menulis. Salam literasi.

IAIN Tulungagung, Selasa, 7 Juli 2020

40 komentar:

  1. Sungguh sangat inspiratif abah...
    Memang betul sekali jika tulisan yang ditulis diapresiasi oleh seseorang semakin semangat dalam menulis 😊

    BalasHapus
  2. Betul sekali Pak..Ada Kabahagian tersendiri dan ada nikmat- nikmat cinta yg dirasakan ketika tulisan kita mendapat apresiasi. Apalagi jika yg memberikan apresiasi tersebut dari orang yg di Idolakan.

    BalasHapus
  3. Trm kasih atas ilmunya Prof, klo tulisan sy dilihat sepintas oleh org lain sudah lbh dr cukupπŸ€—

    BalasHapus
  4. Berarti sudah ngantor ini pak. Alamatnya sudah kembali ke IAIN Tulungagung lagiπŸ˜€πŸ‘πŸ‘πŸ’ͺπŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan ya πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  5. Betul sekali pak..sesederhana apapun komentarnya...ada rasa bahagia tercipta yg bisa membangkitkan motivasi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar, terlihat sederhana namun sangat bermakna

      Hapus
  6. Budaya ikut berpartisipasi sangat penting ya berarti...

    BalasHapus
  7. Betul sekali. Sebenarnya sudah belajar ikhlas, tapi begitu upload tulisan tidak banyak yang baca, semangat jadi sedikit kendur

    BalasHapus
  8. Komentar bisa memotivasi kita

    BalasHapus
  9. Komentar dan follow nya saya tungguuuu

    BalasHapus
  10. Saya jadi semangat jadinya makasi Gus

    BalasHapus
  11. komentar jadi tambah semangat menulis Gus

    BalasHapus
  12. Komentar sebagai tamu yang baik saja, menikmati dan tak lupa sesuatunya. ha.a

    BalasHapus
  13. Jika sdh memberi komentar berarti sdh membaca tulisan kita. Thanks pak krn sll memberi motivasi bg kami.

    BalasHapus
  14. Dikunjungi dan dikomentari blog kita membahagiakan

    BalasHapus
  15. Manfaatnya tentu sangat banyak pak,selain diapresiasi karya penulis jg menambah semangat penulis blog.

    BalasHapus
  16. Sungguh... istimewa wa wa wa...πŸ‘

    BalasHapus
  17. Benar sekali, diapresiasi sungguh menyenangkan. Semakin menambah moodboster dalam menulis. Lewat berkunjung dari blog ke blog kita pastinya akan banyak mendapat inspirasi. Kalaupun tidak, ya kita tetap nulis, penulis itu menulis,bukan nunggu dikomentari, disukai tulisannya. Hehe

    BalasHapus
  18. Kalau yang memberi komentar pak dosen meskipun cuma mantap, mantul, jos sudah membuat bahagia karena bapak berkenan membaca ....

    BalasHapus
  19. C7. Berkunjung, membaca dan mengomentari menunjukkan sikap persahabatan antarumat blogger! Terima, Gus Naim sudah menyadarkan saya. Gb!

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.