Buku Salah Judul

Juni 16, 2021


 

Ngainun Naim

 

Saya memiliki sebuah buku yang cukup laris. Judulnya Proses Kreatif Penulisan Akademik, Panduan untuk Mahasiswa. Buku ini saya terbitkan secara indie di penerbit yang saya kelola bersama kawan-kawan muda UIN SATU Tulungagung.

Sungguh saya bersyukur ternyata buku ini cukup laris. Entah mendapatkan informasi dari mana, sebuah fakultas di Universitas Sumatera Utara (USU) Medan pernah memesan buku ini sebanyak 150 eksemplar. Sebuah kampus di Nusa Tenggara Barat setiap tahun memesan sekitar 150 eksemplar. Beberapa pesanan juga pernah saya peroleh dalam jumlah yang lumayan besar. Belum lagi pesanan bijian.

Sejak pertama kali terbit buku ini masih lumayan laku. Saya sendiri bukan pemasar profesional. Sekadarnya saja. Ada yang pesan ya dilayani selama persediaan masih ada.

Beberapa waktu lalu seseorang memesan 30 eksemplar sementara stok tidak cukup. Tentu segera cetak ulang dalam jumlah yang memadai. Itu salah satu keuntungan menerbitkan sendiri.

Suatu ketika ada yang memberikan resensi atas buku ini. Satu yang saya ingat bahwa buku ini dinilai salah judul. Saya awalnya agak terkejut. Setelah membaca resensinya saya menjadi tersenyum. Kata beliau judul “Panduan untuk Mahasiswa” menjadikan buku ini salah judul. Menurut beliau, buku ini menjadi panduan umum. Tidak hanya mahasiswa saja, tetapi non-mahasiswa juga cocok untuk membaca dan mempraktikkan isi buku ini.

Mungkin buku ini salah judul, tetapi setidaknya buku ini telah terbit dan memberikan manfaat. Mungkin manfaatnya juga tidak besar. Bagi saya sebagai penulis kebahagiaan yang utama dari seorang penulis adalah saat bukunya dibaca dan diapresiasi.

 

Tulungagung, 15-16 Juni 2021

22 komentar:

  1. Bagi saya sebagai penulis kebahagiaan yang utama dari seorang penulis adalah saat bukunya dibaca dan diapresiasi.

    bagi sya yang masih belajar ngeblog, kata "bukunya" saya ganti dengan "tulisan". He he ... Keren pak Dosen.

    BalasHapus
  2. Salah satu buku terbaik yang pernah saya baca

    BalasHapus
  3. Alhamdulilah dari buku tersebut saya bisa belajar menulis

    BalasHapus
  4. wah, saya tertarik pak. dimana saya bisa temukan buku tersebut pak?

    BalasHapus
  5. Sebuah buku yang membuat pembacanya penasaran. Mantap Pak Doktor, keep writing. Saya selalu ingat "luangkan waktu untuk menulis. Bukan menunggu waktu luang".

    BalasHapus
  6. Keren sekali.. Sangat memotivasi untuk terus menulis dan memberikan manfaat. Semangat!

    BalasHapus
  7. Sudut pandang pembaca memang beragam yaaa. Bukan hanya isi dari buku yang dibedah, judul bukunya juga dikritisi.

    Nikmatnya jadi penulis.

    Sshat selalu Pak

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah,buku menjumpai takdir manisnya, Pak.

    BalasHapus
  9. Menurut saya tidak salah judul, karena buku ini memang ditujukan untuk Mahasiswa, adapun cocok juga untuk yang lain, itu adalah bonusnya.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.