Blog

Agustus 26, 2020

Ngainun Naim

 

Blog memiliki banyak fungsi. Salah satunya adalah sebagai tempat untuk menjaga konsistensi menulis. Adanya blog memungkinkan seseorang mengisinya dengan tulisan apa pun. Menulis secara konsisten adalah salah satu sarana untuk mempertahankan—dan mengembangkan—budaya menulis.

Membuat blog itu tidak sulit. Cukup ketik di google tentang cara membuatnya atau Anda mencari tutorialnya di YouTube. Ikuti langkahnya. Dalam waktu tidak lama, blog sederhana akan Anda miliki. Di zaman sekarang ini membuat blog sesungguhnya tidak terlalu sulit karena tersedia banyak alat bantu. Sepaanjang ada kemauan untuk belajar, tentu akan bisa.

Blog adalah alat. Pergunakan secara baik untuk mewujudkan tujuan, yaitu menulis. Tanpa mengisinya secara konsisten, blog sekadar sebagai blog. Maka jangan membuat blog lalu mengisinya hanya setahun sekali. Isilah blog paling tidak seminggu sekali supaya ada motivasi untuk terus menulis.

Anda bisa mengisi apa pun di blog. Kegiatan harian, kuliner, dunia buku, dan hal apa pun yang menarik untuk ditulis. Dalam jumlah tertentu, blog itu bisa dikonversi menjadi sebuah buku.

Ada tiga manfaat dari blog. Pertama, manfaat untuk semakin produktif menulis. Kedua, manfaat untuk menampung karya tulis kita. Dan ketiga, manfaat untuk kita kembangkan menjadi sebuah buku utuh.

 

Tulungagung, 26-8-2020

 

 

 

30 komentar:

  1. Siap Bapak Naim. Terima kasih mengenalkan kami dengan basis blog. Terasa manfaatnya. Terutama di era digital seperti sekarang ini.

    BalasHapus
  2. Semoga berkenan membantu saya agar tulisan diblog jadi buku solo ke 2

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah Bapak bisa mentransformasi fungsi BLOG , dari medium menulis yang dianggap biasa menjadi penting. Memberi nilai tambah utilitas tidak hanya tugas industriawan tetapi juga cendikiawan.

    BalasHapus
  4. Rasanya masih jauh kagem buat buku Prof.....tetap mohon bimbingannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus menulis. Terus jalani. Insyaallah akan sampai.

      Hapus
  5. Ya Pak Naim butul sekali setuju.... masih banyak lagi manfaat menulis diblog bisa jadi amal jariyah kl materi yg kita tulis diamalkan banyak orang

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah, meskipun satu minggu mengisi satu kali tulisan tetep istiqomah, terima kasih atas motivasi dan bimbingannya bapak

    BalasHapus
  7. Terima kasih P Na'im saya mau mencoba membuat blog dan mengikuti sarannya ..semoga langkah ini makin memastikan tujuan yang sedang diimpikan..aamiin

    BalasHapus
  8. Siap terima kasih. Sll dimotifasi BP Naim. Barokah ilmunya

    BalasHapus
  9. Terima kasih, selalu memotivasi

    BalasHapus
  10. Siap terima kasih. Sll dimotifasi BP Naim. Barokah ilmunya

    BalasHapus
  11. Saya mencoba konsisten menulis di blog semoga saatnya nanti bs jadi buku solo sy, seperti yg ditulis dalam 3 manfaat blog. Trima kasih.

    BalasHapus
  12. Iya pak prof...terima kasih sangat memotivasi sekali...

    BalasHapus
  13. Sangat sulit tuk tetap konsisten menulis.. Semoga dgn membaca bisa memotivasi semangat yg mengendor😊

    BalasHapus
  14. sebenarnya saya ngeblog sejak 2007 Pak, tapi jaringan internet lemot saat itu, belum punya HP seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jejak menulis Bapak sudah sangat panjang. Sekarang saatnya menjaga konsistensi menulis.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.