Signifikansi Mengisi Sipinmas

Desember 22, 2020

 

Ngainun Naim


 

 

Ini hanya catatan sederhana. Catatan refleksi setelah mengikuti beberapa kali AL Daring beberapa jurusan di IAIN Tulungagung. Harapannya agar terjadi peningkatan kualitas dan kapasitas bank data yang cukup menunjang proses akreditasi.

Kita memiliki aplikasi yang cukup memadai. Namanya sipinmas. Bagi yang belum daftar atau belum mengunjungi, silahkan berkunjung ke: https://sipinmas.iain-tulungagung.ac.id/. Aplikasi ini memuat banyak data penting yang cukup bermanfaat secara personal maupun institusional. Secara personal, data-data penting kita bisa kita simpan di aplikasi ini. Secara institusional, data-data yang ada di aplikasi ini bisa kita tunjukkan secara langsung kepada pihak asesor saat akreditasi karena sudah ada di sistem.

Aplikasi ini baru akan bertambah datanya jika Bapak Ibu sekalian terdaftar di dalamnya dan input data-data baru secara rutin. Misalnya artikel jurnal Bapak Ibu sekalian baru publish maka segera saja input ke Sipinmas. HKI baru terbit, segera input. Begitu juga data-data lainnya. Data demi data yang sudah diinput sangat penting artinya saat dibutuhkan.

Misalnya saat asesor bertanya berapa jumlah HKI untuk tahun 2020 maka saya tinggal menunjukkan statistiknya. Di sipinmas tahun ini baru terdapat 19 artikel dan 4 buku. Padahal saya tahu persis jumlahnya lebih banyak lagi. Persoalannya, penerimanya belum mengunggahnya d sipinmas.

Sebagai bank data yang kaya manfaat, mari kita isi data-data penting di sipinmas. Insyaallah manfaatnya sangat besar untuk kepentingan individu dan institusi.

 

Trenggalek, 22-12-2020

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.