Buku dari Catatan

Januari 29, 2021

 

Ngainun Naim

Buku hanya pemanis he he
 

 Dulu saya memiliki pandangan bahwa yang disebut buku itu ya buku ilmiah. Buku yang halaman demi halamannya penuh catatan kaki. Semakin banyak referensi yang dirujuk maka kualitas buku tersebut semakin tinggi.

Melihat beratnya isi buku, saya berkesimpulan jika menulis buku itu berat. Bagaimana tidak berat jika membacanya saja butuh energi besar apalagi menyusunnya. Hanya kaum cerdik cendekia saja yang bisa melakukannya. Saya yang kaum awam jelas tidak memiliki kesempatan luas melakukannya. Jika pun bisa membuatnya hampir pasti ditolak.

Pandangan semacam ini bertahan cukup lama, khususnya saat saya duduk di bangku S-1. Saya kira kondisi ini dipengaruhi juga oleh asupan bacaan yang saya konsumsi. Hari-hari saya bergulat dengan buku-buku yang berhubungan dengan matakuliah. Tentu bukunya adalah buku ilmiah, bukan buku popular.

Perpustakaan kampus pun memperkuat pandangan saya. Memang isi perpustakaan kampus didesain untuk mendukung proses perkuliahan. Berbeda dengan perpustakaan keluarga atau perpustakaan umum yang koleksinya relatif bervariasi.

Tampaknya ngopi saya kurang jauh. Saya tidak pernah pergi ke toko buku. Alasannya sederhana yaitu dana. Bagaimana mungkin beli buku jika untuk makan saja sehari maksimal dua kali?

Ketika saya lulus kuliah, beberapa kali saya mengunjungi toko buku. Di situlah pandangan saya mulai berubah. Ternyata buku itu tidak harus ilmiah ketat. Buku kumpulan artikel pun ternyata bisa diolah menjadi buku. Bahkan kumpulan catatan dalam tema tertentu pun bisa diolah menjadi buku.

Kawan-kawan pembaca sekalian. Jika kawan-kawan memiliki tradisi menulis blog seperti ini, langkah yang penting adalah mengolah catatan demi catatan, menstrukturkan, dan memolesnya menjadi buku. Jika ini yang dilakukan maka menulis buku itu tidak sulit kok. Syaratnya sudah menulis catatan demi catatan, bukan berpikir tentang menulis.

 

Tulungagung, 29-1-2021

24 komentar:

  1. Semoga bisa menggegas diri untuk menulis buku. Aamiin

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah dpt pengetahuan baru, menulis di blog ny apa hrs sdh mengarah kebahasan(tema) trtentu atau macam macam ya Pak,..utk bs mnjadi sebuah buku...

    BalasHapus
  3. Semangat berkarya

    Barakallahu fiik

    BalasHapus
  4. Jian sami pak... Smhnuwun percerahannya..

    Dan mohon ijin share...

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah. Mencerahkan. Semoga manfaat

    BalasHapus
  6. Luar biasa motivasinya prof...

    BalasHapus
  7. Siap Prof. Luar biasa motivasi yg tiada henti

    BalasHapus
  8. Salut Prof.Naim, Penulis yang serba bisa

    BalasHapus
  9. Terima kasih atas pencerahannya. Ditunggu silaturahim balik di blog pembelajaran https://mat.or.id

    BalasHapus
  10. Tarima kasih Prof menambah motivasi

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.