Empat Aspek Penting Menulis Artikel Jurnal

Januari 14, 2021

 

Ngainun Naim


 

Hari ini (14-01-2021) saya menjadi penguji sidang munaqasah. Kebijakan baru di IAIN Tulungagung, tugas akhir mahasiswa tidak harus berupa skripsi. Mahasiswa boleh memilih artikel jurnal.

Catatan saya, ada empat aspek yang penting untuk dikuasai—khususnya bagi mahasiswa S-1—yang memilih tugas akhir menulis artikel jurnal. Pertama, penguasaan materi secara baik. Tentu penguasaan itu sifatnya berproses. Tidak mungkin langsung menguasai secara total materi yang ditulis. Intinya ada usaha untuk terus belajar dan belajar agar materi yang ditulis bisa dikuasai secara baik. Penguasaan ini akan mempermudah saat menulis.

Kedua, menguasai reference manager. Model penulisan rujukan manual sudah ditinggalkan di dunia jurnal. Mahasiswa seharusnya mulai belajar dan menerapkan reference manager seperti Mendeley. Sesungguhnya tidak terlalu susah. Belajar via YouTube tersedia. Ikuti panduannya dan sering dipraktikkan. Semakin sering praktik semakin mudah.

Ketiga, mengetahui secara baik jurnal tujuan. Cermati hal-hal teknis dalam jurnal seperti author guideline dan template. Baca beberapa artikel di edisi terakhir. Penting juga mengutip artikel dari jurnal tujuan. Artikel yang ditulis tidak mengikuti template sama saja dengan kerja sia-sia. Besar kemungkinan redaksi akan mengembalikannya. Penulisan harus mengikuti template yang ada.

Keempat, sering berlatih menulis. Menulis itu berkaitan dengan “jam terbang”. Semakin sering berlatih menulis akan semakin meningkatkan kemampuan dalam menghasilkan artikel jurnal. Jika jarang menulis maka tulisan yang dihasilkan juga akan kurang bagus.

 

Tulungagung, 14-1-2021

10 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.