Komitmen Menulis Setiap Hari

Februari 02, 2021

 Ngainun Naim


 

Bagaimana cara efektif dalam menghasilkan satu buku? Ada banyak cara yang bisa ditempuh. Setiap penulis produktif memiliki cara yang khusus. Bisa jadi caranya sama dengan penulis lain, bisa juga berbeda. Namun mereka sama-sama produktifnya.

 

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk produktif menulis adalah dengan menulis setiap hari. Ya, harus setiap hari. Lakukan secara rutin tanpa henti.

 

Berat? Pasti. Tapi jika rutin dilakukan dan sudah menjadi tradisi akan terasa asyik sekali. Saat menulis telah menjadi tradisi ia bisa bermetamorfosis menjadi candu. Tidak menulis merupakan hutang yang memaksa diri untuk segera membayarnya.

 

Lebih bagus lagi jika Anda sudah merancang daftar isi buku secara utuh. Tidak harus sempurna seratus persen. Sangat mungkin seiring perjalanan waktu rancangan yang dibuat mengalami penyempurnaan.

 

Tugas selanjutnya adalah komitmen mengisi daftar isi yang ada. Jika satu hari satu halaman, tiga bulan sudah cukup untuk sebuah buku. Jika mau disempurnakan tinggal menambah jumlah halamannya.

 

Sekali lagi kata kuncinya adalah komitmen. Inilah kunci yang harus dipegang dan dijalankan dengan penuh kesungguhan.

8 komentar:

  1. Enggeh tadz biidznilah biaunilah semoga bisa dan tetap semangat, terima kasih spirit dan motivasinya

    BalasHapus
  2. Setuju pak doktor Ngainun. Komitmen dan konsisten menulis setiap hari adalah kunci untuk bisa menghasilkan buku setiap tahun.

    BalasHapus
  3. Tantangan lomba blog hari kedua.

    Acara belajar bicara baru saja usai. Ibu Amiroh menyampaikan materinya dengan sangat baik sekali.

    Tak terasa waktu 2 jam berjalan sangat cepat. Cerita pengalaman beliau menjadi guru berprestasi tingkat nasional sungguh menginspirasi. Beliau memang layak terpilih sebagai juara pertama karena memang dedikasinya yang luar biasa. Prestasinya juga segudang dan didokumentasikan dengan baik oleh beliau.

    Saya teringat ketika beberapa tahun lalu bekerjasama dengan beliau untuk kegiatan Workshop Elearning di Surabaya Jawa Timur.

    Kami naik kereta ke Surabaya bersama pak Onno W Purbo pembina kami. Kita masih berjuang menyebarkan virus elearning untuk rakyat di kalangan guru.

    Waktu itu ibu Amiroh yang menjadi panitianya bersama ibu Neni. Mereka hanya berdua saja menjadi panitia workshop elearning.

    Pesertanya lumayan banyak. Lebih dari 100 orang guru ikut dalam acara ini di kantor Telkom Surabaya.

    Alhamdulillah acaranya sukses dan banyak guru pada saat itu mulai mengenal apa itu elearning.

    Prestasi Ibu Amiroh terus melejit dan banyak buku yang beliau tuliskan. Salah satunya tentang elearning moodle yang menjadi buku best seller karena banyak dibeli oleh mereka yang ingin belajar elearning.

    Ketika ada acara blogger di Jakarta, saya gantian mengundang beliau bersama ibu Neni. Mereka saya minta menyebarkan virus ngeblog di kalangan guru.

    Saat saya bikin acara konferensi guru blogger Indonesia yang pertama di PGRI, saya mengundang kembali beliau. Kami menginap di gedung guru Indonesia lantai 5.

    Semenjak itu kami jarang bertemu di dunia nyata. Lebih banyak berkomunikasi lewat dunia maya. Saya sering meninggalkan jejak di blog http://amiroh.web.id.

    Blognya keren sekali. Tak salah bila kemudian terpilih menjadi salah satu juara guru era baru acer award.

    Saya dibuat lebih terkagum lagi ketika melihat ibu Amiroh terpilih menjadi juara guru berprestasi tingkat nasional jenjang SMK.

    Malam ini saya undang beliau di acara belajar bicara PGRI. Alhamdulillah beliau bisa hadir memberikan pengalamannya. Tak terasa sudah pertemuan yang kesembilan.

    Lebih dari 100 orang guru bergabung di aplikasi zoom. Bapak Fajar Tri Laksono juga membantu saya menyiapkan siaran livenya di youtube.com.

    Bagi anda yang tidak sempat menonton acaranya dapat melihat siaran ulangnya. Kami sudah membagikannya di wa group belajar bicara.

    https://youtu.be/7AGi5Lil3y4

    Begitulah sedikit kisah Ibu Amiroh yang sangat inspiratif. Beliau tinggal di Jombang Jawa Timur.

    Semoga kisah inspiratif beliau bisa menjadi bahan tulisan di hari kedua tantangan ngeblog selama bulan Februari 2021.

    Salam blogger Persahabatan
    Omjay
    Guru Blogger Indonesia
    Blog http://wijayalabs.com

    BalasHapus
  4. Terimakasih pak atas ilmunya.... semoga bisa mengamalkanya dan bisa meneladani panjenegan....

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.