Menulis, Antara Teori dan Praktik

April 24, 2021

 



 Oleh Ngainun Naim

 

Menulis itu perpaduan antara teori dan praktik. Teori menulis merupakan basis bagi praktik menulis. Namun teori tidak selalu sejalan dengan praktik. Butuh proses dan latihan terus-menerus sampai teori sudah menyatu dengan praktik.

Banyak orang yang sudah mengetahui teori menulis secara baik. Workshop menulis sudah berkali-kali diikuti. Grup menulis juga diikuti. Mungkin juga tidak hanya satu grup tetapi beberapa grup. Diskusi di grup juga hal-ikhwal literasi. Namun demikian semua itu tidak bisa membuat seseorang menjadi penulis karena hanya dengan menulis saja kunci untuk bisa menulis.

Jika hanya menyimak saja pemaparan dari para ahli tentang teori menulis maka Anda hanya akan menjadi orang yang memiliki knowledge luas dan mendalam namun belum memiliki skill atau keterampilan menulis. Anda akan tahu bagaimana sebuah tulisan dibuat, struktur yang baik, dan aspek-aspek lainnya dalam sebuah tulisan. Namun demikian Anda belum tentu bisa menulis. Ya mirip pengamat sepak bola yang sesungguhnya belum tentu bisa bermain sepakbola.

Jadi kuncinya adalah segera praktik menulis. Praktik menulis itu melalui tiga tahap. Pertama adalah tahap pre-writing. Pada tahap ini seorang melakukan aktivitas sebagai persiapan. Membaca buku, merancang isi, dan persiapan lain harus dilakukan agar saat menulis bisa berjalan lancar sebagaimana harapa.

Tahap kedua adalah writing. Di sini "jam terbang" cukup berpengaruh. Penulis ulung relatif lancar dalam menulis. Penulis pemula biasanya menghadapi banyak hambatan dan tantangan. Jika bersabar untuk terus berproses maka tulisan demi tulisan akan mampu dihasilkan.

Tahap ketiga adalah editing. Kata demi kata diperiksa. Kesalahan demi kesalahan diperbaiki. Kalimat ditata supaya enak dibaca.

Dari tiga tahap di atas, sebagian penulis mengabaikan tahap pertama dan ketiga. Padahal peranannya sangat penting. Jika tahap demi tahap dijalani, tulisan yang dihasilkan tentu akan bagus. Hambatan demi hambatan mampu diminimalisir.

 

 

20 komentar:

  1. Sangat bermanfaat...terimah kasih.

    BalasHapus
  2. terimakasih ilmunya pak..sangat bermanfaat...🙏🙏

    BalasHapus
  3. Hanya dengan menulis kunci untuk bisa menulis.
    Terima kasih, tips nya

    BalasHapus
  4. Terima kasih sll menginpirasi

    BalasHapus
  5. Saya baca lagi Mas Doktor, tetap saja menarik

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.