Jangan Berhenti Belajar Menulis

November 18, 2021


 

Ngainun Naim

 

MENULIS itu dunia unik. Sebuah dunia yang objektif dan subjektif. Objektif karena ada tata aturan dan kaidah yang harus diikuti. Jika sebuah tulisan tidak mengikutinya maka akan dinilai sebagai tulisan yang kurang baik. Namun proses kreatif setiap penulis sangat khas. Meskipun menempuh pola yang sama, tulisan yang dihasilkan tidak akan sama.

Dua aspek—objektif dan subjektif—bisa dibaca dari tulisan demi tulisan yang ada di banyak buku. Jika Anda menikmati setiap goresan pena para penulis, Anda akan menemukan betapa dunia menulis itu sungguh kaya. Ya, kaya dan sarat dengan makna.

Belajar dari proses kreatif seorang penulis itu sangat penting. Ini bisa memperkaya wawasan dan pengetahuan kita dalam dunia menulis. Seorang penulis yang tidak mau belajar lagi—kepada siapa pun dan dalam bentuk apa pun—tidak akan mampu menjadi penulis yang maju. Tulisan yang dihasilkan tidak akan meningkat kualitasnya.  Alih-alih justru semakin menurun karena tidak adanya proses belajar.

Kemauan untuk belajar dan terus belajar menjadi kunci penting dihasilkannya tulisan yang lebih baik. Sampai kapan belajar dilakukan? Sepanjang hidup. Spirit ini harus terus diusung agar dunia menulis yang kita tekuni bisa terus bertahan di tengah gempuran arus perubahan yang tidak ada ujungnya.

Hasrat kuat untuk terus belajar membuka peluang yang luas bagi munculnya gagasan dan pemikiran kreatif. Perubahan yang deras, khususnya dengan hadirnya era digital, membutuhkan penyikapan yang arif dan kreatif. Mereka yang memiliki wawasan luas memiliki peluang yang besar untuk memunculkan ide dan gagasan kreatif. Penulis semacam ini tidak akan tenggelam oleh arus perubahan yang dahsyat.

Kemauan belajar juga membuka peluang yang besar untuk menjadikan seseorang bisa menjaga produktivitas. Penulis produktif bukan penulis yang diam dan menunggu melainkan terus bergerak dan berusaha merawat spirit menulisnya. Ketika tidak ada ide, ia akan mencarinya. Ketika ide telah ditemukan tetapi aktivitas sangat padat maka ia akan bersiasat sekuat tenaga untuk tetap bisa menulis.

 

Tangerang, 18-11-2021

4 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.