Memupuk Keberanian Memulai

Maret 03, 2022


 

Ngainun Naim

 

Kunci awal untuk menapaki sukses adalah keberanian untuk memulai. Tanpa ada keberanian untuk memulai, sukses hanya mimpi. Teori menuju sukses mungkin sudah sangat dikuasai namun semuanya sebatas teori tanpa ada satu langkah pun untuk memulai.

Rumus ini berlaku pada banyak bidang kehidupan. Pada dunia menulis, misalnya, juga berlaku rumus keberanian memulai. Dunia menulis bukan hanya dunia teori tetapi juga dunia praktik. Teori penting tetapi tanpa praktik tetap tidak akan bisa membuat orang untuk bisa menulis. Keberanian memulai yang diikuti dengan terus belajar dan praktik menulis adalah langkah penting untuk sukses menjadi penulis. 


 

Keberanian memulai merupakan salah satu kata kunci yang ditegaskan oleh Dr. M. Shoim Anwar, M.Pd., Sastrawan, Cerpenis, dan Dosen UNIPA Surabaya pada acara Seminar Literasi Nasional bertema “Alih Wahana Novel dan Pemasarannya”. Acara yang merupakan rangkaian Kopdar ke-8 Sahabat Pena Kita (SPK) tersebut dilaksanakan di Lantai 5 Kampus II UNUSIA Sidoarjo. Pada acara yang dihadiri ratusan peserta tersebut Shoim Anwar memaparkan secara detail hal-ikhwal novel dan bagaimana mengalihwahanakan ke dalam film, misalnya.

Shoim Anwar bercerita bahwa ia memulai menulis sejak usia yang sangat muda. Ia menulis karena memang sangat suka. Jadi ia terus menulis dan mengirimkannya di media massa. Pada perbincangan personal di ruang transit beliau bercerita bahwa di tahun 1984 cerpennya sudah dimuat di Majalah Horison yang merupakan parameter sastra di masa itu. Seorang penulis yang karyanya dimuat di Horison akan mendapatkan rekognisi dari masyarakat.  

Penulis cerpen, novel, dan juga dosen ini menegaskan bahwa sekarang ini memang tengah berlangsung perubahan secara cepat. Ada begitu banyak lompatan-lompatan yang harus kita hadapi. Kita harus mengikutinya meskipun banyak tertinggal. Tanpa kemauan dan kemampuan untuk mengikuti lompatan, kita akan betul-betul tertinggal dan ditinggal.


 

Salah satu yang harus diikuti adalah pergeseran literasi. Dulu literasi hanya ada di media kertas. Ada majalah, koran, tabloid, buku, dan sejenisnya. Sekarang ini sudah bermetamorfosisi secara sangat luar biasa. Substansinya tetap tulisan namun medianya sangat beragam. Dalam amatan Shoim Anwar, literasi sekarang ini harus didukung penguasaan yang baik terhadap aspek audio-visual.

Meskipun demikian Shoim Anwar mengajak peserta seminar untuk sabar menjalani proses menulis. Semuanya dimulai dari keberanian untuk melakukan. Sesedikit apa pun harus dimulai. Hal besar selalu dimulai dari hal kecil dan sederhana yang dilakukan secara konsisten.  Sepanjang proses dilakukan secara konsisten, hasil tidak akan mengkhianati proses.

 

Trenggalek, 28-2-2022

 

30 komentar:

  1. Mantul prof. Tetap renyah dan menginspirasi....

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, terima kasih Prof. Sangat menginpirasi.

    BalasHapus
  3. Pencerahan spiritual yang luarbiasa, prof saya sangat suka membaca tulisan pak prof

    BalasHapus
  4. Luar biasa sangat memotivasi bagi saya yang lagi belajar menulis

    BalasHapus
  5. Tulisan prof Naim selalu menginspirasi n memotivasi pada diri saya, terimakasih prof

    BalasHapus
  6. Tulisannya menginspirasi prof..

    BalasHapus
  7. Terima kasih Pak Naim telah membangunkan keberanian dalam diri saya untuk terus belajar dalam menulis; percaya diri atas tulisan saya dan mempublikasikannya. Senang rasanya bila gagasan kita bisa terpublikasi secara luas, terlepas diterima atau tidak yang penting menjadikan menulis itu menyenangkan sudah kebahagiaan tersendiri.

    BalasHapus
  8. Thanks,Prof. Sangat inspiratif dan memotivasi kami agar memiliki keberanian dan kepercayaan diri menulis.

    BalasHapus
  9. Matur suwon sanget prof. sampun selalu menginspirasi dan memotivasi kami semua. njeh, leres sanget. selangit teori tiada guna jika tidak d iringi praktek yang menyertainya.

    BalasHapus
  10. Terimakasih atas motivasi njenengan lewat tulisan ini

    BalasHapus
  11. Ya allah banyak inspirasi pak 🙏

    BalasHapus
  12. Estu matur Suwon sanget prof🙏🏿

    BalasHapus
  13. Kunci awal untuk menapaki sukses adalah keberanian untuk memulai. Terima Mas Prof, untuk penulis pemula memang perlu suntikan vitamin motivasi. Dan tulisan ini adalah vitamin itu

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.