Berjumpa Uncle Jo

April 03, 2022

Dari kiri: Dr. Suswati Direktur Pascasarjana, saya, Uncle Jo, dan Dr. Fazis
 

Ngainun Naim

 

Namanya Marjohan. Kadang di buku tertulis Marjohan Usman. Beliau merupakan Kepala SMAN 3 Batusangkar Sumatera Barat. Pada tahun 2012 beliau terpilih sebagai guru berprestasi nasional. Pengalamannya sebagai guru berprestasi nasional lengkap dengan segala hal yang terkait ditulis secara detail dalam buku berjudul Melbourne Memang Dahsyat! Catatan Sekolah yang Sangat Menakjubkan (Yogyakarta: Diva Press, 2013).

Sejauh pembacaan yang saya lakukan terhadap buku-buku yang beliau tulis, juga dari catatan demi catatan yang saya temukan di internet, beliau merupakan seorang pembelajar sejati. Di buku yang beliau tulis banyak diceritakan bagaimana beliau tidak mau membuang waktu dengan sia-sia. Dalam setiap kesempatan beliau menggunakannya untuk membaca dan menulis.

Perkenalan saya dengan beliau lewat media sosial. Kami berbincang dan berdiskusi via WA tentang berbagai hal, khususnya literasi. Saya beberapa kali mengirimkan buku yang saya tulis. Beliau juga membalas mengirimkan karyanya. Jadi saling bertukar buku. Sungguh sebuah persaudaraan yang indah.

Ketika saya diundang oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Batusangkar untuk mengisi workshop pada 28-29 Maret 2022, saya pun menghubungi beliau. Saya sangat berharap bisa bersua, berbincang, dan diskusi secara langsung.

Respon beliau sungguh luar biasa. Sambutan hangatnya sangat terasa dari balasan pesan yang saya kirim. Foto saya beliau jadikan story WA. Demikian juga dengan salah satu buku saya, The Power of Reading. Buku tersebut dikomentari oleh beliau sebagai buku yang sebagian besar isinya penting.

Tentu saja sebagai penulis saya sangat tersanjung. Menurut saya buku itu biasa saja. Namun demikian jika buku tersebut memberikan manfaat, tentu saya sangat berbahagia. Perjalanan buku itu sendiri kurang mulus karena beberapa kali ditolak penerbit sampai akhirnya terbit di sebuah penerbit Yogyakarta. Rupanya buku itu cukup laris.

Hari senin (28 Maret 2021) yang cerah menjelang dhuhur. Saya sedang menyampaikan materi dalam kegiatan Workshop Peningkatan Kompetensi Dosen dalam Pembuatan Buku Monograf Hasil penelitian ketika Uncle Jo—sapaan akrab Pak Marjohan—datang. Sungguh saya merasakan bahagia tidak terkira. Ini merupakan pertemuan secara langsung yang pertama setelah beberapa tahun kami bersahabat secara virtual.

Saya menyambut beliau sejenak, berbincang, lalu mempersilahkan beliau untuk duduk karena saya harus melanjutkan tugas sebagai pemateri. Sesekali saya mengamati beliau. Terlihat betapa attitude positif terpancar dari gerak-gerik beliau.

Pukul 12.00 lebih sedikit ketika acara selesai untuk ishoma. Pak Fazis, Ketua LP2M IAIN Batusangkar, mengajak saya dan Uncle Jo untuk makan siang. Ternyata Uncle Jo teman kuliah S1 Pak Fazis. Turut serta dalam rombongan Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan, Syaiful Marwan. Dengan mobil dinas yang dikemudikan Pak Fazis kami menuju Rumah Makan Sawah Laman yang asri. Menu yang disajikan di rumah makan ini sangat variatif. Sambil berbincang kami makan dengan lahap.

Inilah kesempatan kami berbincang secara luas. Saya menikmati setiap bagian perbincangan. Bayangkan, lima tahun lebih kami hanya berkomunikasi via WA. Tentu rasanya sangat berbeda saat kami bisa berkomunikasi secara langsung.

Salah satu poin penting yang saya catat adalah kecintaan beliau terhadap bahasa asing. Sejauh yang saya tangkap dalam perbincangan, beliau menguasai Bahasa Inggris, Prancis, Arab, dan Turki. Sampai sekarang beliau terus mengasah kemampuan dalam bahasa-bahasa asing tersebut.

Perbincangan sekitar satu jam tentu belum cukup. Rasanya masih ingin terus berbincang sampai puas. Namun saya harus kembali ke IAIN Batusangkar untuk melanjutkan acara. Kami pun segera berbenah dan meluncur ke lokasi kegiatan.

Memang kami hanya berbincang sebentar, namun demikian saya sangat puas. Terima kasih Uncle Jo atas persahabatannya yang indah. Semoga lain kami bisa bersua lagi.

 

Ditulis di pesawat Batik Air pada 30-3-2022 dari Padang ke Surabaya. Selesai di UIN SATU pada 1-4-2022

16 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.