Gus Loh, Khidmah, dan Nahdlatul Ulama

Oktober 08, 2022


 

Ngainun Naim

 

Kematian merupakan rahasia Allah. Tidak ada satu pun manusia yang mengetahuinya. Ia, bersama dengan jodoh dan rezeki, merupakan misteri kehidupan.

Tugas manusia adalah menjalani hidup secara baik. Ikhtiar merawat kesehatan dilakukan penting untuk dilakukan sebaik mungkin. Hidup dengan gaya hidup sehat. Makan secara sehat. Hindari stres. Selanjutnya Allah yang akan menentukan takdir hidup kita.

Kematian acapkali datang secara cepat. Beberapa saat sebelumnya masih sehat. Masih berbincang dengan santai. Tidak lama berpisah, tahu-tahu ada informasi sakit lalu wafat.

Informasi semacam ini yang saya terima terkait Almaghfurlah KH Fatchulloh Sholeh. Beredar di berbagai grup WA beberapa waktu lalu bahwa beliau sakit dan dirawat di RSUD Dr. Soedomo Trenggalek. Permintaan doa kesembuhan datang dari banyak pihak. Saya sendiri saat itu belum tahu persis beliau sakit apa. Tentu saya ikut berdoa agar beliau segera pulih seperti sedia kala.

Beberapa waktu kemudian beredar lagi informasi bahwa beliau dirujuk ke RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Ikhtiar terus dilakukan agar beliau sembuh. Informasi ini membuat saya menyimpulkan kalau beliau sakit yang tidak ringan.

Namun takdir menentukan bahwa jejak hidup beliau berakhir pada Hari Rabo tanggal 5 Oktober 2022. Ulama yang cukup berpengaruh itu menghadap ke hadirat Allah SWT.

Beliau orang baik. Jasanya sangat besar. Ribuan pelayat memenuhi sudut-sudut Desa Kedunglurah tempat beliau tinggal. PP Bumi Hidayah yang beliau asuh tidak mampu menampung jumlah takziah yang datang dari berbagai wilayah.

Saya menyaksikan sendiri dan menjadi salah seorang yang merasakan kesedihan mendalam atas wafat beliau. Sungguh sangat terasa.

Saya merinding mendengarkan upacara pemberangkatan yang mulai dilakukan pada pukul 21.00 WIB itu. Saya berada pada jarak sekitar 100 meter dari lokasi upacara. Sudah agak sulit untuk mendekat lagi. Suara bergetar pembawa acara, sambutan syahdu Bupati Nur Arifin, dan doa khusyuk para kiai menjadikan suasana larut dalam haru. Beberapa orang yang berdiri di samping saya terlihat tidak mampu menyembunyikan kepedihan yang mendalam.

Begitu jenasah diberangkat ke pemakaman, ribuan orang bergerak. Jalanan macet. Begitu banyak orang dari berbagai daerah bersama-sama mengiringi kepergian kiai muda kharismatik tersebut.

Saya tidak kenal akrab dengan Gus Loh. Jika dihitung sampai beliau wafat barangkali tidak sampai sepuluh kali bertemu dan berdialog intensif. Komunikasi dengan beliau lebih sering via WA.

"Dolan nyang pondok Mas", itu kosakata yang nyaris selalu beliau sampaikan setiap akhir perjumpaan. Saya selalu mengiyakan meskipun sangat jarang sowan.

Pertengahan Maret 2022 lalu saya sowan ke PP Bumi Hidayah Kedunglurah yang beliau asuh. Saat itu saya sowan bersamaan dengan pulang kerja. Sayang saat itu beliau sedang ada acara keluar. Saya ditemui pengurus pondok.

Hari rabo tanggal 22 Maret 2022 merupakan perjumpaan fisik terakhir saya dengan beliau. Saat itu beliau hadir memenuhi undangan saya untuk sebuah acara. Tentu saya sangat bahagia dan menyampaikan terima kasih atas rawuh beliau.

Beliau tokoh besar. Orangnya sangat baik dan ngemong. Saya merasakan sendiri.

Pernah dalam suatu kesempatan saya bertemu beliau di kantor PCNU Trenggalek. Tahunnya saya tidak ingat persis. Satu yang saya ingat yaitu ajakannya untuk berkhidmah di NU.

Saya pun mengiyakan. Sebagai orang yang lahir dari orang tua NU tulen, pernah sekolah di lembaga NU, dan hidup dalam tradisi NU, ajakan beliau saya sambut hangat. Meskipun bentuk khidmah yang saya bisa lakukan bukan dalam bentuk aktif total di NU.

Saya tahu diri. Meskipun KTP saya Trenggalek tetapi kerja saya di Tulungagung. Aktivitas sehari-hari saya juga lebih banyak di Tulungagung. Saya berkhidmah di NU lewat banyak cara sesuai kemampuan.

Kini Gus Loh telah berpulang. Jejak khidmah beliau menjadi eksemplar yang penting untuk kita teladani. Totalitasnya berkhidmah mewujud dalam organisasi PCNU Trenggalek yang semakin maju.

Teladan beliau penting untuk ditulis dan disebarluaskan. Warga NU seharusnya mengetahuinya. Tradisi tulis perlu ditumbuhkembangkan karena warisan kebajikan lebih abadi dibandingkan dengan warisan lisan. Ini saya kira menjadi agenda penting yang harus diperjuangkan.

 

Surabaya, 7-10-2022

8 komentar:

  1. Mantab...perlunya tutur tulisan abah prof, ngk cuma tutur lisan. Matinya orang alim matinya alam, kama qala abah prof...😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menulis adalah mengabadikan kenangan, pesan, dan kesan

      Hapus
  2. semoga gus loh ditempatkan di tempat yg mulia disisi Alloh.amin.

    BalasHapus
  3. Semoga beliau Husnul Khotimah. Aamiin.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.