Meminta Ide

Februari 19, 2023


 

Ngainun Naim

 

Ide itu barang mahal di dunia menulis, termasuk di dunia akademik. Tanpa ide tak ada yang bisa ditulis. Wajar jika banyak mahasiswa stres gegara tidak memiliki ide untuk ditulis sebagai tugas akhir.

Padahal salah satu syarat lulus studi adalah menulis tugas akhir (skripsi, tesis, disertasi). Inilah bagian dari studi yang paling mencemaskan. Cemas karena tidak segera menemukan ide. Cemas karena temannya sudah selesai menulis. Cemas karena pengujinya sangat cermat.

Daftar cemas ini bisa terus bertambah panjang. Rasa cemas ini bisa menjadi pengganggu terhadap jalannya penulisan tugas akhir.

Semestinya rasa cemas ini ditepikan. Jika tetap cemas, ia harus diatasi. Jika tidak, ia bisa menjadi pengganggu yang bisa menghalangi proses penulisan dan mempertanggungjawabkan di hadapan penguji.

Muaranya memang pada ide. Inilah akarnya. Banyak mahasiswa kesulitan menemukan ide. Berbagai upaya dilakukan namun tidak juga menemukan.

Ada juga mahasiswa yang sudah menemukan ide tetapi tidak juga yakin apakah idenya layak dan bisa dilanjutkan menjadi penelitian. Ini juga bisa menjadi siksaan. Muncul kekwatiran jika ide tersebut pada akhirnya ditolak.

Satu fenomena menarik yang seringkali saya temui adalah permintaan ide. Ini biasanya dilakukan oleh mahasiswa yang sudah putus asa karena tidak juga mendapatkan ide. Kepada mereka biasanya saya katakan bahwa saya memiliki banyak ide. Persoalannya adalah apakah mereka menguasai ide yang saya berikan? Bisakah mereka menindaklanjuti menjadi penelitian?

Saya biasanya mengajak mahasiswa berdiskusi. Hal ini penting dilakukan agar mahasiswa memahami bagaimana ide ditemukan, bagaimana mengolahnya, dan kemudian mematangkan sehingga menjadi sebuah proposal. Teori sesungguhnya sudah diajarkan tetapi mempraktikkan teori itu tidak selalu mudah.

Meminta ide itu bukan hal baik. Diskusi dan konsultasi secara intensif jauh lebih konstruktif. Cara semacam ini justru memungkinkan ditemukannya ide yang bisa ditindaklanjuti menjadi penelitian.

Sebagai kunci membuat tugas akhir, menemukan ide membutuhkan perjuangan. Pencari ide harus terus membaca, berdiskusi, dan merenungkan tentang berbagai kemungkinan mengolah ide. Jika ini tidak dilakukan maka ide yang ditemujan juga asal-asalan.

 

Kediri, 27 Januari 2023

18 komentar:

  1. mantap Prof .

    alhamdulillah--- jika kita diminta ide-- artinya kita dipandang orang kaya ide.

    dan ini blm tentu semua orang bisa diminta ide. Orang kaya pun belum tentu bisa ngasih ide.

    saya diminta ide, harus bagamana saya dapat kerjaan ?

    Mana senor dah berkeluarga punya 4 anak.
    Saya sarankan istri jualan di rumah-- suam sementara jadi ojek maxim.
    Moga dijalan dan berhasil

    BalasHapus
  2. Mantap, Prof.
    Sangat perlu diketahui mahasiswa.

    BalasHapus
  3. Mantap Prof. 👍👍👍 Diskusi bisa dijadikan sebagai awal mendapatkan ide yang berilian.

    BalasHapus
  4. Karena sy membaca tulisan ini, hr ini saya punya ide. Bagaimana menuntaskan masalah tanpa masalah ? Aaaahhhh kayak motto pegadaian aja. Tentu tidak, ini ide yg tiba-tiba muncul saat menyadari bahwa masih banyak tugas yg terbenkslau, karena ke alpaan. Terimakasih sdh memberi sy ide, pak Prof....

    BalasHapus
  5. Inspiratif. Ide adalah gagasan awal yg akan dipecahkan. Matab ide harus digali bukan minta ide.

    BalasHapus
  6. Terima kasih ilmunya prof Ngainun Naim. Sebetulnya ide itu melimpah hanya seringkali mahasiswa kurang niat mencarinya dan tak meminta pertolongan-Nya. Sehingga ia tak segera menemukannya dan terburu stress. Kalau sudah begini pikiran jadi buntu.

    BalasHapus
  7. Betul sekali Prof.
    Kadang mau nulis ga punya ide, atau punya ide ga sempat nulis.
    Hehe.....

    BalasHapus
  8. Luar biasa Prof.
    Kemampuan menulis merupakan sebuah anugerah yang harus terus di asah.

    BalasHapus
  9. Meminta ide?
    narasi yang menarik, mengigatkan penulis menghargai ide/gagasan diciptakan menjadi sebuah tulisan yang bermutu.
    terima kasih Prof. Naim..

    BalasHapus
  10. Ya ide itu barang mahal atau antik ketika di gali sampai berhasil akan menjadi sesuati yang sangat bermanfaat bagi orang banyak. Permasalahan ide tidak hanya ada di mahasiswa ada juga di peserta KBMN sering muncul bagai mana cara memulai menulis dan seterusnya . Mudah-mudahan ada materi khusus tentang memunculkan ide supaya peserta KBMN banyak yang lulus aamiin

    BalasHapus
  11. Siapa yang suka beki nutrisari jeruk madu, akuuuu ☝️☝️☝️☝️☝️

    BalasHapus
  12. Betull Prof. Ide kadang muncul tiba-tiba, eh kemudian hilang sebelum sempat mengolahnya menjadi sebuah karya

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.