Buku KKN 2023 (1): Pesona Bertabur Renjana

Maret 01, 2023


 

Ngainun Naim

 

Ini buku karya KKN mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung di Desa Ngeni Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar. Buku ini merupakan produk mahasiswa yang melaksanakan KKN. Bisa dikatakan, buku ini merupakan produk pengabdian dalam bingkai penelitian.

Buku ini terbagi dalam tiga bagian. Bagian pertama bertajuk “SENI DAN BUDAYA”. Ada 14 tulisan di bagian ini. Isinya sangat menarik dan berhasil menyajikan sisi yang selama ini belum dieksplorasi secara luas. Tulisan dengan judul “Gaya Modern dalam Arsitektur Jawa pada Masjid Jami’ Trisula” misalnya, menegaskan betapa mahasiswa mampu menelisik sisi yang kaya di Desa Ngeni. Tulisan lainnya pun senada. Ada banyak aspek seni dan budaya yang ditelusuri dan berhasil ditulis oleh mahasiswa.

Bagian kedua berjudul “KESEHATAN DAN LINGKUNGAN HIDUP”. Ada 13 tulisan di bagian ini. Jika membaca tulisan demi tulisan di buku ini, kita bisa menemukan spirit merawat kesehatan dan menjaga lingkungan hidup. Ada banyak cara yang dilakukan. Melalui cerita kepada anak-anak, dengan berbaur secara intensif di kalangan pemuda, melalui aksi bersama masyarakat, hingga menegaskan pentingnya tanaman obat keluarga (toga). Kerja-kerja kreatif yang penuh makna. Mahasiswa telah melakukan sesuatu yang cukup berharga.

Bagian ketiga berjudul “EKONOMI”. Ada 14 tulisan di bagian ini. Tulisan demi tulisan menyajikan langkah-langkah aktif-kreatif mahasiswa untuk menumbuhkembangkan potensi ekonomi masyarakat. Mungkin bukan langkah spektakuler, tetapi kerja bersama masyarakat dalam sebulan setidaknya memberikan penanda penting tentang eksistensi sebagai modal untuk melakukan transformasi.

Tulisan di buku ini tentu belum menggambarkan fenomena secara komprehensif. Kerja di masyarakat juga masih menyisakan banyak aspek yang perlu untuk ditingkatkan. Namun demikian setidaknya tulisan merupakan warisan yang menandai eksistensi sebuah gerak perubahan.

 

Kampus UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 1 Maret 2023

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.