Madrasah Terus Berbenah

Maret 22, 2023


 

Ngainun Naim

 

Perkembangan lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama semakin hari semakin menggembirakan. Prestasi demi prestasi terus diraih. Kemajuan demi kemajuan ditorehkan.

Capaian semacam ini jangan sampai melenakan. Harus terus dievaluasi dan dilakukan upaya-upaya sistematis agar madrasah semakin hari semakin maju. Madrasah yang maju akan menjadi harapan masyarakat.

Diskusi intensif pimpinan madrasah dan komite menjadi salah satu kunci penting. Diskusi ini memberikan peluang bagi munculnya gagasan demi gagasan yang muaranya adalah kemajuan. Di tengah zaman yang terus berubah secara dinamis, kompetisi antarmadrasah semakin ketat. Di sinilah sesungguhnya posisi dan peluang untuk terus menjadi yang terbaik.

Bagi MAN 2 Tulungagung, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah membuat program prioritas. Pilihan ini sesungguhnya cukup strategis agar ada fokus. Jika sama dengan sekolah lain, tentu tidak ada nilai lebihnya.

Sebagai sekolah agama, usaha secara maksimal saja belum cukup. Aspek spiritual penting ditekankan untuk dijalankan secara maksimal. KH. Muhson Hamdani selaku Ketua Komite menegaskan bahwa aspek spiritual itu harus mendapatkan penekanan secara maksimal. Hal ini disebabkan sekolah itu membangun karakter. Doa, ibadah sunnah, membaca Al-Qur’an, dan ibadah lainnya harus dilakukan secara maksimal, baik oleh guru atau siswa. Lewat cara semacam ini tatanan hati anak akan lebih jelas dan lebih baik.

Perubahan merupakan kemestian. Ia tidak bisa ditolak tetapi harus direspon secara aktif dan kreatif. Lewat cara semacam ini diharapkan madrasah akan semakin maju dan menjawab tantangan perkembangan zaman.

 

Tulungagung, 22.3.2023

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.