Selaksa Kearifan Dari Pesantren

Agustus 26, 2020

 Ngainun Naim

 

Pesantren itu dunia yang unik. Dunia yang tidak hanya berisi tentang ngaji dan belajar tetapi juga menghadirkan banyak kisah inspiratif. Kisah demi kisah yang sayangnya sebagian besar menjadi milik individu santri dan berbasis pada tradisi lisan.

 

Ketika ditulis, tentu banyak yang mengetahui. Di sinilah kekuatan tulisan. Ia menembus batas ruang dan waktu.

 

Nurul Fahmi dengan tekun mengumpulkan kisah demi kisah dari dunia yang tidak terpisah dari hidupnya. Ia belajar di beberapa pesantren, ngaji secara tekun, dan merekam ingatan akan kearifan pesantren dalam buku ini.

 

Membaca buku ini membuat kita menyadari bahwa kaum santri itu sungguh luar biasa. Mereka belajar tiada henti. Mereka juga sangat rajin beribadah. Perpaduan antara ikhtiar lahir dan batin inilah yang membuat santri sukses menjalani kehidupannya setelah tamat dari pesantren.

 

Saya tidak bosan-bosannya membaca serpihan kisah dan hikmah di buku ini. Rasanya saya seperti menemukan spirit baru. Spirit untuk terus belajar ilmu agama. Saya belajar betul pada kesungguhan Nurul Fahmi dalam mengaji.

 

Trenggalek, 24-8-2020

8 komentar:

  1. Egeh leres pak, jadi pegen mengabadikan setiap kejadian dalam bentuk tulisan... trimakasih pak motivasinya

    BalasHapus
  2. Perlu dibaca ini buku. Didapatkan di mana pak Doktor?

    BalasHapus
  3. belajar dipesantren itu ada keberkahan sakinah juga Pak Doktor, asalkan berangkanya tidak dipaksa. Menarik Pak Doktor

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.