3M dalam Menulis

Desember 03, 2020

 Ngainun Naim



Da'i terkenal KH Abdullah Gymsnastriar pernah membuat akronim yang sangat menarik, yaitu 3 M. Mulai dari diri sendiri, Mulai dari yang kecil, dan Mulai sekarang juga.

Akronim 3 M tersebut penting artinya untuk membangun tradisi baru. Tradisi tidak akan terbangun lewat retorika, tetapi lewat aksi. Pada kerangka inilah 3 M menunjukkan relevansinya.

Problem berat membangun tradisi adalah memulai. Saya kira ini terjadi pada semua hal, termasuk dalam menulis. Persoalan psikologi biasanya yang menjadi hambatan utama. Jika persoalan ini mampu ditundukkan maka tradisi baru yang positif bisa terbangun.

Mulai dari diri sendiri. Berbicara itu mudah. Menilai juga mudah. Mengkritik lebih mudah lagi. Modalnya adalah suara. Tinggal bicara.



Tapi menulis tidak semudah itu. Tulisan kita bisa dikritik habis oleh seseorang, padahal sang pengritik tidak menulis. Saya kira itu terjadi di mana saja. Tidak hanya di dunia menulis tetapi nyaris di semua bidang kehidupan.

Mari menulis. Cara terbaik mengajak menulis adalah dengan menulis. Mulai dari diri sendiri dengan menulis.

Mulai dari yang kecil. Ini penting sebagai basis. Banyak orang yang memiliki prinsip terbalik, yaitu mulai dari hal ideal. Hal besar.

Tentu ini tidak salah. Justru bagus. Kata para motivator, cita-cita itu jangan tanggung-tanggung. Buat cita-cita setinggi mungkin.

Tapi menulis tidak seperti itu. Menulis itu basisnya tradisi. Tidak bisa tulisan bagus dari hasil kerja semalam. Prosesnya panjang.

Mulai sekarang juga. Ya, jangan menunda. Jadikan menulis sebagai 'wirid' harian.

Saya acapkali tersenyum membaca  story kawan yang bertanya tentang kapan jurnal terbit atau adakah slot untuk edisi terakhir. Semestinya dipahami bahwa menyiapkan tulisan itu bukan sekadar tulisan jadi tetapi juga mengenali jurnal yang dituju secara tuntas. Hal-ikhwal apa pun tentang jurnal dipahami secara baik. Satu yang kurang yaitu belum menulis.

Jadi mari menulis. Insyaallah barakah dan manfaat.

Trenggalek, 3 Desember 2020

12 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.