Review Book Chapter

Desember 07, 2020

 

Ngainun Naim


 

Senin 7 Desember 2020 saya mendapatkan kesempatan yang sangat berharga. Bersama Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Dr. Phil. Almakin, saya diminta mereview Book Chapter yang akan diterbitkan oleh Pascasarjana IAIN Curup.

Jujur saja sesungguhnya saya justru banyak belajar. Kebetulan karena kesibukan dan akan ada acara lain, Prof. Almakin menyampaikan review terlebih dulu. Di situlah saya mendengarkan beberapa aspek penting dari paparan Rektor muda yang produktif tersebut.


 

Saya juga mendapatkan banyak ilmu dengan membaca bagian perbagian dari isi buku. Sungguh potensi yang luar biasa. Khazanah ilmu studi Islam diulas dalam tulisan yang berbobot.

Saat saya mendapatkan kesempatan menyampaikan review, saya menjelaskan dulu tentang “interdisipliner” yang menjadi judul dari Book Chapter yang akan terbit. Menurut saya ini perlu dibahas agar jelas bedanya antara multidisipliner, interdisipliner, dan transdisipliner.

Aspek lainnya adalah perlunya template yang disepakati. Hal ini penting dilakukan agar isi Book Chapter bisa seragam. Memang setiap orang memiliki gaya menulis sendiri. Di sinilah template penting artinya.

Beberapa tulisan di Book Chapter bisa dikembangkan menjadi artikel jurnal. Bagaimana pun juga artikel jurnal kini menjadi kebutuhan yang harus dikembangkan. Selain mengajar, dosen juga harus memiliki tradisi menulis artikel jurnal, baik jurnal nasional maupun internasional.

Menulis Book Chapter merupakan tradisi yang bagus untuk dikembangkan. Budaya semacam ini menandai tumbuh dan berkembangnya iklim ilmiah.

 

Trenggalek, 7 Desember 2020

18 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.