Tebing Lingga dan Kenangan KKN IAIN Tulungagung

Desember 23, 2020

 

Ngainun Naim

 


Mahasiswa KKN 2018, tim awal saat mengembangkan Tebing Lingga

Judul ini mungkin terdengar aneh bagi Anda. Berbagai bayangan sangat mungkin bisa muncul. Tidak apa-apa. Itu wajar dan terjadi pada setiap orang.

Sekarang coba masuklah ke mesin cerdas bernama Google. Ketik kata “Tebing Lingga”. Dalam hitungan 0,60 detik Anda akan mendapatkan 1.150.000 data. Sangat kaya dan sangat melimpah. Anda tinggal memilih satu dua tautan untuk mengetahui lebih jauh tentang lokasi tersebut.

Sengaja saya menulis catatan ini setelah mendapatkan pesan WA terkait lokasi tersebut. Bapak Camat Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek, Bapak Agus Utoyo, mengirim salam dan menyampaikan terima kasih atas nama pribadi dan kelembagaan kepada LP2M IAIN Tulungagung. Rasa terima kasih beliau sampaikan karena atas inisiasi mahasiswa KKN IAIN Tulungagung tahun 2018, terbuka tempat wisata baru Tebing Lingga.

Tebing Lingga tumbuh pesat menjadi tempat wisata di Trenggalek. Awalnya lokasi tersebut merupakan bekas tambang batu yang rusak parah. Berada di Desa Nglebo Kecamatan Suruh, Tebing Lingga sekarang terlihat hijau dan sangat menarik. Tidak ada kesan bahwa lokasi tersebut dulunya pernah rusak parah.

 DPL dan KKN IAIN Tulungagung tahun 2019

Tokoh penting yang berperan di balik sukses Tebing Lingga adalah Fals Yudhistira. Sebagaimana pernah dimuat di Harian Surya edisi 5 Maret 2019 bahwa Fals bersama mahasiswa KKN IAIN Tulungagung tahun 2018 berusaha keras menyulap lokasi Tebing Lingga. Modal awalnya 5 juta rupiah untuk membuat gazebo dan spot swafoto. Lewat berbagai media diupayakan mempromosikan Tebing Lingga sebagai lokasi wisata alam.

Hasilnya cukup menggembirakan. Tahun 2018 mendapatkan penghargaan sebagai Inovasi Desa Terbaik tahun 2018. Dan hari ini kami mendapatkan informasi bahwa Tebing Lingga meraih East Java Award 2020 untuk kategori “Daya Tarik Wisata Alam”. 

 Dr. Dewi Asmarani, M.Pd., dan Dr. Luluk Indarti yang menjadi DPL KKN di lokasi Tebing Lingga menyampaikan bahwa para pengelola (POKDARWIS) Wisata Tebing Lingga menyampaikan terima kasih kepada Bapak Rektor IAIN Tulungagung, LP2M, dan para mahasiswa KKN atas ide, bantuan, dan support yang diberikan sehingga WBL ini berdiri dan berkembang meraih berbagai macam penghargaan wisata baik ditingkat Nasional maupun ASEAN. Selamat dan sukses selalu. 

 

Tulungagung, 23-12-2020

10 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.