Hari yang Menegangkan

Januari 27, 2021

 

                                                                    Ngainun Naim

 



Jarum jam menunjukkan pukul 08.00 WIB. Saya sudah sampai di kantor karena hari ini ada kegiatan yang sangat penting yaitu pembekalan dan pelepasan secara resmi KKN VDR Gelombang 1 Tahun 2021. Rencana pelepasan akan dilakukan oleh Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Hilmar Farid, Ph.D.

Akun Zoom mulai dibuka jam 08.10. Persiapan teknis dan komunikasi intensif kami lakukan dengan berbagai pihak, termasuk dengan protokol Bupati Tulungagung. Bapak Bupati rencananya akan memberikan sambutan sekaligus meluncurkan buku produk KKN VDR tahun 2020. Buku tersebut berjudul BUMDESA Tulungagung, Menguatkan Desa Membangun Negara.

Satu demi satu peserta masuk ruang Zoom. Cek persiapan dilakukan oleh tim teknis, termasuk dengan tim dari protokol Bupati. Agak sedikit ada masalah karena suara berdengung. Namun secara umum berjalan baik.

Pukul 08.30 saya memandu acara. Namun di sini awal persoalan. Suara saya tidak terdengar. Beberapa personal mencoba membenahi. Saya disarankan pindah komputer. Namun tidak menyelesaikan masalah.


 

Tegang. Saya lihat di layar peserta sudah masuk. Jumlahnya lebih dua ratus orang, termasuk Bapak Dirjen Kebudayaan. Saya kemudian beralih ruang menuju tempat host. Komputer host saya pakai. Saya memulai acara. Setelah pembukaan adalah sambutan pengarahan Bapak Rektor. Ternyata persoalan sama. Baru dua menit beliau memberikan pengarahan, sinyal hilang. Beliau terlempar keluar dari Zoom. Beberapa saat kemudian beliau masuk melalui HP. Persoalannya, suara beliau terdengar tetapi suara saya tidak terdengar.

Waktu terus berjalan. Berbagai upaya kami lakukan. Koordinasi dengan pihak-pihak terkait terus dilakukan. Salah satu opsi yang dipilih adalah pindah alamat Zoom. Kali digunakan Zoom yang kebetulan memiliki kapasitas 1000 orang. Sebuah kapasitas yang sangat besar.

Satu persatu peserta masuk. Saya melanjutkan acara dan kembali persoalan teknis terjadi. Suara tidak jelas, baik di Zoom maupun YouTube. Rasanya keringat dingin mulai meluncur di baju. Informasi dari Pusat Komputer tidak ada persoalan jaringan. Mencoba menggunakan jaringan dari HP juga tidak ada perubahan.

Waktu terus berjalan. Akhirnya opsi lain dipilih, yaitu Zoom dengan peserta terbatas sementara peserta lain mengikuti via YouTube. Satu persatu peserta keluar dari ruang Zoom. Alhamdulillah, opsi ini berjalan lancar. Kegiatan pun berlangsung sebagaimana harapan. Memang mundur dari sisi waktu.

Informasi yang kami terima, kondisi Zoom yang problem ternyata tidak hanya di tempat kami. Beberapa kawan di lain tempat juga mengalami hal yang sama. Sungguh ini pengalaman yang sangat berharga. Pembelajaran penting tentang penggunaan teknologi di era pandemi.

 

Tulungagung, 27-1-2021

8 komentar:

  1. Yooong... Insyaa Alloh smua maklum prof... Memang begitulah sisi lemahnya IT kadang2 tak terprediksi erornya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman menarik Mas. Lumayan, bisa jadi tulisan

      Hapus
  2. Semoga KKN VDR Gelombang 1 Tahun 2021 lancar....

    BalasHapus
  3. Mirip Pak, Saya Juga punya pengalaman seperti ini. Zoom 1000, akhirnya 300 di zoom 600an di youtube hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. He he he. Pengalaman yang tidak terlupa Bu, apalagi kemudian ditulis.

      Hapus
  4. Selalu saja ada gangguan teknis yang tidak diperkirakan sebelumnya.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.