Tuna Buku

Januari 11, 2021

 

Ngainun Naim


 

 

Kemajuan hidup hanya bisa dicapai dengan terus belajar. Manusia yang berhenti belajar akan stagnan. Ia tidak akan berkembang. Belajar sendiri banyak caranya. Salah satu cara yang cukup efektif adalah dengan membaca buku.

Sejauh pengetahuan saya, orang yang hidupnya maju umumnya adalah seorang pembaca yang tekun. Mereka rajin memungut sketsa pengetahuan dari teks-teks di buku. Buku telah menjadi bagian tidak terpisah dari hidupnya.

Jika dulu untuk menghancurkan sebuah peradaban dilakukan dengan menghancurkan perpustakaan, kini dilakukan dengan menjauhkan dari buku. Semakin banyak generasi tuna buku maka kejumudan dan kemunduran terjadi. Hal ini ditandai dengan—di antaranya—debat-debat kusir di ruang publik yang tidak bermutu. Bukannya berorientasi pada kemajuan tetapi justru berorientasi pada bagaimana saling menjatuhkan.

Ada lagi yang meresahkan dari generasi yang jauh dari buku, yaitu moral yang rendah. Perilaku yang jauh dari ajaran moral semakin banyak terjadi. Jika mereka banyak membaca maka pertimbangan dalam sebuah perbuatan akan lebih luas dan cermat.

Jadi, marilah kita sebarkan spirit literasi, yaitu membaca dan menulis. Ini merupakan salah satu cara untuk meraih kemajuan hidup. Semoga.

 

Tulungagung, 11-1-2021

16 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.