Bergabunglah dan Menulislah

April 26, 2021

 


Oleh Ngainun Naim

 

Hari-hari ini jika ingin belajar menulis sesungguhnya sangat mudah. Ada website, kelas menulis online, grup WA, dan banyak media lain. Bisa berbayar, bisa gratis. Jika ada yang bilang sulit untuk belajar menulis, jangan-jangan ngopinya kurang jauh. Tahunya ya hanya itu-itu saja.


Dunia sekarang ini telah berubah dengan cepat, bahkan sangat cepat. Kita tidak harus ikut arus sepenuhnya, tapi juga jangan ketinggalan. Sikap responsif-kritis penting menjadi pegangan.


Jika Anda sama sekali tidak tahu dunia jejaring sosial berbasis internet sesungguhnya tidak apa-apa, tetapi Anda akan terkejut saat mengetahui realitas yang sesungguhnya. Dunia sudah bertransformasi sedemikian dahsyat. Anda—suka atau tidak—akan terseret dalam arus perubahan ini.


Persoalannya saya kira bukan suka atau tidak suka, mau atau tidak mau, tetapi bagaimana menentukan sikap yang penting untuk diambil di tengah arus ini. Menolak semuanya merupakan kenaifan. Nggak mungkin. Anda ngurus KTP saja sudah pakai sistem. Komunikasi juga sudah sistemik.


Menerima sepenuhnya tanpa sikap kritis juga sama saja. Dunia maya penuh jebakan. Jika tidak hati-hati kita bisa rugi.


Dalam kaitannya dengan dunia menulis, cara yang rasional untuk dipilih adalah bergabung dengan grup. Saat ikut grup, peluang untuk berproses terbuka lebar. Ada informasi kepenulisan yang bermanfaat. Ada saling berbagi informasi.


Tentu—sekali lagi—tidak semua grup semacam itu. Ada yang lebih baik, namun tidak sedikit juga yang tidak ideal. Intinya setiap grup itu dinamis.


Jika sudah bergabung jangan hanya menjadi "silent reader". Jangan hanya aktif membaca komentar demi komentar. Bahkan ada juga yang membaca komentar pun tidak.


Anda akan jadi penulis karena Anda menulis. masuk grup, ikut kursus, atau pelatihan tidak akan menjadikan Anda sebagai penulis sepanjang Anda tidak menulis. Grup, kursus, atau pelatihan penting sebagai daya dorong, tetapi bukan jaminan akan menjadikan seseorang sebagai penulis.

18 komentar:

  1. Terima kasih siap pak Dr. Haji Ngainun sll menginspirasi

    BalasHapus
  2. Mantap pak Duktur. Trimakasih ilmunya

    BalasHapus
  3. Siap melaksanakan nasihatnya pak doktor Ngainun Naim.

    BalasHapus
  4. Anda akan jadi penulis karena Anda menulis. Mari terus menulis

    BalasHapus
  5. Terima kasih pak, sudah memfasilitasi kami menulis.

    BalasHapus
  6. Keren Pak, memfasilitasi orang untuk menulis 👍👍👍👍

    BalasHapus
  7. setiap hari menulis memang butuh perjuangan yang harus dimenanngkan

    BalasHapus
  8. InsyaAlloh pak Doktor semoga tidak hanya menjadi cita-cita tetapi bisa terwujud

    BalasHapus
  9. Sae prof...tinggal mau apa tidak...

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.