Selamat Jalan KH Nurma Ali Ridwan, M.Ag

Juli 14, 2021


 

Ngainun Naim

Saya mengenalnya sebagai Pengurus Asrama Sunan Ampel Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang. Orangnya murah senyum dan berwibawa. Sebagai santri baru pada tahun 1994, saya cukup mengagumi beliau. 

 

Beliau akrab dengan kiai-kiai pengasuh. Saya menyaksikan dari kejauhan bagaimana beliau acap duduk di teras Ndalem dan berbincang akrab dengan KH Shohib Bisri. Hal yang sama juga sering saya saksikan di Ndalem Pengasuh Asrama Sunan Ampel, KH Imam Haromain Asy’ari. Beliau memang pintar, ahli ibadah, dan juga ahli suwuk. 

 

Saya sesungguhnya tidak terlalu akrab dengan beliau karena beliau merupakan senior, sementara saya santri bau kencur. Setelah tamat pesantren, beliau melanjutkan kuliah di IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Teman akrab beliau adalah Dr. Fathul Mujib, kolega saya di UIN SATU Tulungagung yang telah berpulang setahun yang lalu. Saat masih mahasiswa, saya pernah menginap di kos beliau berdua. Mas Norma dan Fathul Mujib memang satu kos.

 

Sejak itu saya jarang berjumpa, kecuali saat Haul KH Bisri Syansuri di Pondok Denanyar. Itu pun biasanya sekadar saling sapa. 

 

Seiring waktu saya mendengar beliau tinggal di Banjarnegara, menjadi seorang tokoh agama muda, penceramah, Pembina Gusdurian, dan menjadi dosen di IAIN Purwokerto. Belakangan saya mendengar beliau menjadi Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat.


 

Akhir tahun 2019 saya bertemu beliau di Hotel Borobudur Jakarta. Saat itu kami menghadiri undangan Kemenko PMK dalam acara Rapat Koordinasi KKN Revolusi Mental. Pada kegiatan tersebut kebetulan IAIN Tulungagung mendapatkan prestasi sebagai pelaksana terbaik nasional bidang publikasi. Mas Norma datang Bersama Ketua LP2M. 

 

Kemarin tanggal 13 Juli 2021, Kiai muda tersebut berpulang. Tanggal 10 Juli sebelumnya istrinya juga berpulang. Sungguh saya sangat terpukul dan bersedih. Selamat jalan Mas Kiai.

 

Trenggalek, 14 Juli 2021

7 komentar:

  1. Innalillahi wainnailaihi rojiun....

    BalasHapus
  2. Innalillahi wainnailaihi rojiun, semoga beliau berdua mendapat tempat yang terbaik di alam sana

    BalasHapus
  3. Innalilahi wainnailaihi ilahi rojiun smg husnul khotimah

    BalasHapus
  4. Innalillahi wainna ilaihi rojiun..pinaringan husnal khotimah...al faatihah

    BalasHapus
  5. Gus Nurma kami biasa memanggil beliau....Allahummaghfirlahu

    BalasHapus
  6. Innalilahi wainnailaihi rojiun, semoga beliau husnul khotimah, Gus Nurma

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.