Dosen Itu Wajib Menulis Artikel Jurnal

Agustus 31, 2022


 

Ngainun Naim

 

Judul catatan ini sebenarnya hanya menegaskan kewajiban pokok seorang dosen. Hal ini seharusnya sudah menjadi pengetahuan dan kesadaran. Implikasinya, seorang dosen akan berjuang keras untuk menghasilkan sebuah artikel jurnal secara rutin.

Selain menjalankan tugas mengajar, seorang dosen wajib membuat artikel jurnal. Kesibukan sehari-hari yang padat merayap dengan berbagai aktivitas bukan menjadi alasan pembenar untuk tidak menulis. Persoalan mendasarnya sesungguhnya bukan pada sibuk atau tidak sibuk. Jika sibuk menjadi pembenar maka tidak akan ada seorang dosen pun yang mau dan mampu menghasilkan satu artikel jurnal. Bahkan seandainya ada banyak waktu luang pun belum tentu artikel jurnal ditulis.

Kuncinya pada komitmen. Jika sudah komitmen, sesibuk apa pun akan bisa menyediakan waktu untuk menulis. Mungkin hanya beberapa menit dalam setiap kesempatan tetapi setiap kesempatan itu ada, dimanfaatkan secara baik.

Pentingnya menulis artikel jurnal menjadi bagian dari perhatian Rektor UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Beliau menjelaskan bahwa menulis itu tradisi Islam. Kemajuan peradaban Islam itu dipengaruhi oleh budaya menulis. Saat menyampaikan pengarahan pada kegiatan Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal pada Senin, 29 Agustus 2022, beliau menegaskan pentingnya membangun peradaban tulisan.

Memang bukan hal mudah dalam menghasilkan artikel jurnal. Kuncinya pada masing-masing dosen. Sepanjang dilakukan dengan penuh komitmen, tidak ada yang tidak mungkin. Salam.

Trenggalek, 31-8-2022

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.