Pesan Menggembirakan

Agustus 17, 2022


 

Ngainun Naim

LP2M UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

 

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan rutin. Setiap mahasiswa S1 di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung wajib melaksanakan KKN. Meskipun rutin dilakukan, selalu saja ada cerita yang menarik untuk dibagikan.

KKN periode Juli Agustus tahun 2022 ini dilaksanakan di Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Trenggalek. Sejak awal pelaksanaan kegiatan sesungguhnya saya ingin berbagi cerita baik yang menggembirakan. Namun demikian selalu saja ada alasan untuk menundanya. Biasa, alasan klasik yang sesungguhnya menjadi pembenar untuk tidak melaksanakan sebuah aktivitas.

Pada catatan ini saya akan menulis tentang beberapa hal. Pertama, kehadiran mahasiswa KKN di semua lokasi mendapatkan sambutan baik dari masyarakat. Ini penting artinya karena tanpa sambutan masyarakat, KKN tidak ada artinya. KKN adalah sarana belajar bersama masyarakat. Interaksi intensif antara mahasiswa dan masyarakat sangat diperlukan.

Kedua, KKN membantu banyak kegiatan masyarakat. Rutinitas hidup sehari-hari biasanya membuat kreativitas kurang berkembang. Saat KKN, mahasiswa biasanya menawarkan hal-hal sederhana yang kurang mendapatkan perhatian masyarakat. Justru di sinilah arti penting kegiatan KKN.

Ketiga, sebuah desa di lokasi KKN mengucapkan terima kasih karena inilah KKN pertama dalam sejarah desa itu. Bisa dibayangkan bagaimana apresiasi masyarakat ketika mahasiswa KKN datang. Itulah pertama kalinya ada KKN sepanjang des aitu berdiri.

Keempat, bahagia sekali saat koordinasi dengan pejabat di level kabupaten, camat, kepala desa, tokoh masyarakat, dan banyak pihak yang mengarapkan KKN agar rutin dilaksanakan di wilayah mereka. Ini merupakan apresiasi dan penghargaan yang harus disyukuri.

Tentu sebuah kegiatan selalu menyisakan kelebihan dan kekurangan. Kelebihan penting dipertahankan dan ditingkatkan sementara kekurangan dijadikan bahan untuk perbaikan.

 

Salam pengabdian

 

Tulungagung, 17 Agustus 2022

6 komentar:

  1. Terima kasih atas catatannya, Bapak Naim. Semoga mahasiswa KKN UIN SATU bisa memberikan kebaikan kepada desa yang mereka tempati, juga mereka bisa belajar banyak hal dari kegiatan KKN. Amin.

    BalasHapus
  2. Inspiratif, Prof. Terima kasih.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.