Data Itu Penting

Agustus 15, 2022

Buku yang memuat data-data penting
 

Ngainun Naim

 

Data itu penting dalam penelitian. Kerja penelitian yang penting adalah penggalian data. Jika penelitian lapangan, penggalian data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tanpa data, bukan penelitian.

Menggali data tidak selalu mudah. Wawancara misalnya, tidak selalu menghadirkan data sebagaimana yang diharapkan. Kita bisa belajar banyak kepada para ahli yang membutuhkan proses panjang dalam menggali data hasil wawancara.

Seorang kolega bercerita bahwa selama dua hari beliau tidak ditemui oleh seorang kiai yang menjadi informannya. Berbagai strategi dilakukan sampai akhirnya beliau bisa wawancara dengan narasumber.

Saya pernah wawancara dengan seorang informan, namun waktu yang tersedia hanya beberapa menit. Padahal menuju lokasi tempat tinggalnya butuh waktu berjam-jam. Namun demikian itu harus dilakukan demi diperolehnya data.

Hal yang sama juga terjadi pada observasi. Jika tanpa kesadaran, tentu observasi tidak akan dilakukan. Kesadaran tentang pentingnya observasi menjadi salah satu energi yang menuntut untuk kerja-kerja observasi yang tidak jarang menjenuhkan.

Jika data sudah terkumpul bukan berarti semuanya bisa ditampilkan dalam paparan data. Banyak yang menganggap semua data dari lapangan bisa disajikan dalam laporan penelitian. Padahal tidak semuanya bisa disajikan. Di sinilah pentingnya menyambungkan teori penelitian dengan praktik penelitian.

 

Trenggalek, 15-8-2022

10 komentar:

  1. ada juga yang malah menolak memberikan data.
    (pengalaman pribadi saat meneliti)

    BalasHapus
  2. Betul sekali Prof, menggali data memang membutuhkan ketelatenan dan kerja keras

    BalasHapus
  3. Sepakat, Prof. Tdk semua data yg didpt di lapangan disajikan dlm laporan penelitian. Thanks, Prof.

    BalasHapus
  4. Pendapat akan lebih kuat jika berbasis data, s7 prof...

    BalasHapus
  5. Memang tidak ada yg bisa ditulis klu data tdk didapatkan

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.