Beberapa Pesan untuk Mahasiswa KKN

Februari 03, 2023


 

Ngainun Naim

 

KKN itu merupakan program wajib bagi mahasiswa S1. Jika tidak ikut KKN berarti tidak bisa lulus. Hal ini disebabkan karena KKN itu program wajib.

Meskipun merupakan program rutin bagi kami di LP2M UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, bagi mahasiswa peserta selalu merupakan hal baru. Mereka hanya sekali melakukan KKN selama tercatat sebagai mahasiswa. Jika ingin KKN lagi ya harus daftar lagi dan tercatat sebagai mahasiswa S1.

Pada pelaksanaan KKN Gelombang 1 Tahun 2023 ini saya menyampaikan beberapa hal penting kepada mahasiswa. Saya berharap mahasiswa bisa menjalankan KKN dengan baik, sukses menjalankan program, dan meninggalkan jejak baik di lokasi KKN. Hal ini penting saya tekankan karena kebaikan yang mereka lakukan akan berdampak pada kebaikan berikutnya.

Jika KKN sukses maka hal itu akan memiliki implikasi luas, termasuk pada adik tingkatnya. Masyarakat akan menerima dengan tangan terbuka pada KKN selanjutnya. Namun jika meninggalkan persoalan maka adik tingkatnya juga akan menghadapi masalah.

Ada beberapa hal yang saya sampaikan kepada para mahasiswa. Pertama, komitmen dalam menjalankan KKN. Komitmen berarti menjalankan KKN dengan totalitas. Kegiatan yang dilaksanakan dengan totalitas biasanya memberikan hasil maksimal.

Saya jelaskan kepada mahasiswa bahwa komitmen ini sangat penting. Jangan sampai ada mahasiswa yang meninggalkan posko seenaknya. Aktualisasi dari komitmen, salah satunya, adalah taat terhadap aturan. Jika semua mahasiswa kokoh memegang komitmen maka itu merupakan modal penting untuk sukses dalam melaksanakan KKN.

Kedua, jaga nama baik. Nama baik diri dan institusi. Nama baik itu sangat penting artinya. Karena itu saya memberikan pesan kepada para DPL dan mahasiswa agar nama baik betul-betul dijaga.

Saya cukup sering diskusi dengan stakeholders di lokasi KKN. Informasi demi informasi dari mereka adalah modal untuk perbaikan pelaksanaan KKN. Makna penting KKN akan hilang jika para peserta KKN melakukan hal yang tidak sesuai dengan harapan masyarakat

Ketiga, menjaga diri. Tidak semua lokasi KKN mudah secara geografis. Cuaca sekarang juga sedang tidak menentu. Menjaga diri menjadi hal mendasar yang berkali-kali saya tekankan kepada DPL dan mahasiswa.

Keempat, menyesuaikan diri dengan tradisi lokal. Setiap lokasi memilikinya. Ada hal-hal tertentu yang tidak boleh dilakukan. Ini harus diketahui dan ditaati agar semuanya berjalan dengan baik.

KKN itu memberikan banyak ilmu dan pengalaman. Sebagai ikhtiar untuk memperkaya diri, KKN menyediakan banyak hal yang penuh nilai. Aspek semacam ini yang penting menjadi bahan refleksi diri.

 

Kediri. 1.2.2023

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.