Ngabuburit Literasi

Mei 31, 2018

Ngabuburit Literasi
Oleh Ngainun Naim

Budaya plagiasi sudah sampai pada taraf meresahkan. Hadirnya internet, selain memberikan banyak manfaat, juga memiliki ekses negatif yang tidak main-main. Plagiasi semakin subur justru di era serba online ini.
Semua tahu--tentu dengan kadar yang variatif--jika plagiasi itu dilarang. Plagiasi itu sejenis pencurian. Plagiasi itu manifestasi ketidakjujuran. Tetapi bukannya berkurang, kini justru semakin banyak yang melakukan.
Tidak perlu saling menyalahkan. Justru yang saya kira lebih penting adalah bagaimana budaya ini diminimalkan karena sepertinya mustahil dihentikan.
Literasi Ngabuburit bersama para mahasiswa Pascasarjana IAIN Tulungagung kemarin sore adalah ikhtiar dalam kerangka membangun kehidupan pengetahuan dan kesadaran literasi. Semangat mereka mengikuti acara dari jam 14.00 sampai magrib adalah investasi yang semoga bersemai.
Tidak ada yang instan. Semua butuh proses laiknya intan. Semua akan berproses dengan segenap dinamikanya. Biarlah sejarah yang akan menguji.

3 komentar:

  1. Literasi Ngabuburit sangat bermanfaat, menunggu waktunya berbuka puasa dengan menimba ilmu. Salam literasi

    BalasHapus
  2. Terima kasih Bu Noer Ima Kaltsum. Salam literasi.

    BalasHapus
  3. Keren banget. Oiya ngomongin ngabuburit, ternyata ada loh kegiatan ngabuburit yang bermanfaat dan diklaim bisa bikin kaya. Cek di sini ya man teman: Kegiatan ngabuburit yang berfaedah dan bikin kaya

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.