Channel YouTube “Ngaji Literasi”

Juli 15, 2020

Ngainun Naim


YouTube kini telah berkembang menjadi media dengan tingkat persebaran yang cukup massif. Banyak orang yang mendadak menjadi sangat terkenal karena channel yang dimilikinya dikunjungi dan mendapatkan subscribe jutaan orang. Terlepas dari konteks isi dan manfaatnya, keberadaan YouTube telah memberikan warna baru dalam kehidupan masyarakat sekarang ini.
Saya sendiri sesungguhnya tidak terlalu tertarik untuk memiliki dan mengelola YouTube. Rasanya kok ribet banget. Bisa juga karena saya tidak memiliki keterampilan memadai untuk mengambil gambar, mengolah, dan mengeditnya.
Suatu ketika seorang kolega dosen di sebuah PTKIN Jawa Tengah menyarankan agar saya membuat channel YouTube dengan materi literasi. Kolega dosen tersebut meyakinkan saya bahwa melalui YouTube, persebaran pengetahuan tentang literasi akan semakin efektif.
Saya tidak langsung menanggapi saran tersebut. Suatu ketika adik bungsu saya mengajak diskusi terkait persoalan ini. Ia berharap saya mau mengisi channel YouTube khusus literasi. Dalam diskusi itu muncul kesepakatan untuk “menghidupkan” Channel Ngaji Literasi dan mengisinya menayangkan rekaman materi seminggu sekali.
Begitulah, kini setiap Rabo pagi jam 08.00 kawan-kawan sekalian bisa membuka Channel Ngaji Literasi. Sebuah Channel yang semoga saja bisa memberikan inspirasi bagi pengembangan dunia literasi. Semoga.

Trenggalek, 15 Juli 2020



22 komentar:

  1. Chanel ini tentu di tunggu tunggu oleh santri yang ingin mendapatkan bimbingan literasi. semoga semakin berkembang dan bermanfaat kepada lebih banyak bagi umat

    BalasHapus
  2. Ada redudansi paragraf prof

    BalasHapus
  3. Literasi Al-Quran, smoga menjadi media mewujudkan insan yg literat dan bermartabat, untuk bekal di akherat. Salam literasi

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah, berita yang menyenangkan tentunya Pak Prof Ngainun, ada jalur baru pengembangan literasi sekaligus mengaji..sukses Bapak..

    BalasHapus
  5. Channel Ngaji Literasi, adalah Channel yang bermanfaat bagi generasi milenial.

    BalasHapus
  6. luar biasa,.siapapun yg ingin belajar nulis k pak Naim semakin d mudahkan dg adanya channel ini. keren sanget pak inovasi meniko

    BalasHapus
  7. Multi talent, menulis di semua lini

    BalasHapus
  8. Chanelnya akan saya kunjungi

    BalasHapus
  9. Luar biasa
    Indahnya berbagi ilmu
    Terima kasih pak doktor ...

    BalasHapus
  10. Inilah yang sangat ditunggu-tunggu...

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.