Blog dan Buku

September 21, 2020

 

Ngainun Naim


 

Akhirnya buku ini terbit juga. Sebuah buku karya Ibu Eti Rohmawati. Beliau seorang kepala madrasah di Tulungagung.

Terbitnya buku ini sungguh menggembirakan. Bagi Bu Eti, ini merupakan buku perdana karya beliau. “Rasanya seperti mimpi”, kata beliau. Rasa bahagia memang selalu menyeruak saat buku kita terbit. Saya juga merasakannya meskipun sudah ada beberapa puluh buku yang saya tulis.

Bagi saya, terbitnya buku karya Bu Eti ini menandai capaian dari grup WA “Ma’arif Menulis”. Tujuan dibentuknya grup tersebut adalah untuk menyemai budaya menulis. Lambat namun pasti grup berkembang. Kadang sangat dinamis dengan unggahan tulisan anggota grup, kadang menurun, dan pernah juga di titik nadir.


 

Saya mewajibkan anggota grup untuk membuat blog dan mengisinya. Soal blog gratisan, keroyokan, atau milik lembaga silahkan. Adanya media itu memudahkan persebaran tulisan. Juga lebih awet dana man dalam menyimpan tulisan.

Setiap hari saya berusaha mengajak anggota grup untuk menulis. Nah, salah seorang yang menanggapi ajakan dengan mengunggah tulisan adalah Ibu Eti. Beliau cukup konsisten. Buku yang terbit ini merupakan kumpulan dari artikel demi artikel beliau di blog.

Selamat kepada Ibu Eti Rohmawati. Mari terus menulis, sesibuk apa pun. Bagi kawan yang lain, mari terus menulis. Tidak ada ruginya menulis. Justru banyak manfaat yang bisa kita peroleh.

 

Trenggaek, 21-9-2020

20 komentar:

  1. selamat, semoga akan banyak yang menyusul

    BalasHapus
  2. MasyaAllah, sangat menginspirasi Prof.

    BalasHapus
  3. Selamat bu ETi, saya juga menulis di blog untuk menabung tulisan di blog, dengan begitu saya tinggal memanen saja ketika siap dirajut jadi buku.Terima aksih tulisan inspiratifnya Prof.

    BalasHapus
  4. Semoga bisa mengikuti jejaknya bu Eti Pak. Amiin.terima kasih Tak pernah bosan memotivasi

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Siap. Insyaallah beliau membaca komentar Pak KS

      Hapus
  6. Selamat b. Etik atas terbitnya buku perdana, semoga bisa menyusul.... Kita tunggu juga karya berikutna.

    BalasHapus
  7. bu KS yang hebat, bisa diteladani guru dan KS yang lain.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.