Buku Kenangan tentang Seorang Teman yang Telah Berpulang

September 22, 2020

 

Ngainun Naim

 


Namanya Dr. Fathul Mujib, M.Ag. Saya sudah mengenal beliau jauh sebelum menjadi Wakil Dekan 1 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Tulungagung. Hampir 30 tahun lalu kami berada di pesantren yang sama, yaitu Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang. Kami sama-sama menjadi santri di sana.

Bulan lalu, tepatnya pada 21 Agustus 2020, sahabat yang baik hati itu berpulang. Kepergiannya terasa mendadak dan mengejutkan. Kesedihan mendalam kami rasakan. Rasa kehilangan yang sungguh menyentuh sisi diri terdalam.

Sebagai upaya mengenang seorang sahabat yang hidupnya penuh kebajikan, saya mengajak kawan-kawan yang pernah berinteraksi dengan Dr. Fathul Mujib, M.Ag untuk menuliskan hal-ikhwal beliau. Demi memudahkan koordinasi, saya membentuk WA Grup.

Di luar dugaan, apresiasi datang dari berbagai pihak. Saya sampaikan bahwa buku ini diupayakan terbit menjalang peringatan 40 hari beliau. Batas akhir penerimaan naskah adalah 5 September 2020. Karena mengejar waktu, editing secara maksimal tidak mungkin dilakukan. Jadi begitu naskah masuk segera dilayout, mengurus ISBN, langsung antri di percetakan.

Saya berterima kasih kepada kawan-kawan penulis atas kerja kerasnya yang luar biasa. Saya secara khusus mengucapkan terima kasih kepada Ahmad Fahrudin, M.Pd.I., yang bekerja luar biasa keras untuk menata naskah yang ketebalannya hampir 400 halaman. Juga kepada Arif Riza Azizi yang membuat cover. Kerja keras tim sungguh membanggakan.

Hari ini naskah buku sampai di kantor. Buku sudah jadi dan ini merupakan hasil kerja keras semua pihak. Secara pribadi saya minta maaf atas kesalahan teknis yang sesungguhnya tidak ada unsur kesengajaan. Target utama penerbitan buku ini adalah menjadi kenangan atas kepergian seorang sahabat yang telah berpulang.

Sungguh saya sangat terharu. Buku ini mengungkap banyak sisi kehidupan Dr. Fathul Mujib yang tidak saya ketahui. Ya, saya harus banyak belajar tentang sikap yang selalu positif, senyum, penyabar, dan banyak sikap positif lainnya. Buku ini setidaknya menjadi dokumentasi atas jejak perjalanan yang sarat makna.

 

Trenggalek, 22-9-2020

24 komentar:

  1. Turut berduka. Semoga Almarhum Dr. Fathul Mujib, M.Ag Husnul khatimah.
    Selamat atas terbitnya buku kenangan beliau. Selamat untuk Tim Solid Buku.

    BalasHapus
  2. Semoga buku ini bermanfaat untuk menjadikan kita lebih baik dan selalu bersemangat untuk memperbaiki diri.

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah. Selamat atas terbitnya buku ini. Salut dengan tim penulis buku ini.

    BalasHapus
  4. Semoga sikap positif senantiasa bersemayam di jiwa

    BalasHapus
  5. Kerja yang luar biasa. Semoga membawa keberkahan

    BalasHapus
  6. Luar biasa. Tokoh yang menginspirasi

    BalasHapus
  7. Apresiasi untuk kerja keras prof dan tim🙏

    BalasHapus
  8. Sekali berbagi selamanya menginspirasi

    BalasHapus
  9. Barokalloh..inspiring banget..baik prof. Naim maupun Dr. Mujib..rest in peace

    BalasHapus
  10. Literasi membawa kenangan
    Bisa membawa ukhuwah
    Menjalin silaturahmi
    Barokallah
    Walaupun sekali berjumpa

    BalasHapus
  11. Hebat, hormat dan Selamat untuk seluruh pihak. Doa yang lestari masyarakat literasi dalam melepas sahabat. Kenangan kebaikan abadi dalam tulisan, warisan yang tak tergantikan.

    BalasHapus
  12. innalilahi wainnailaihi rojiun, semoga beliau husnul khotimah

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.