Produktif Menulis di Tengah Kesibukan

September 26, 2020

 Ngainun Naim


Kegiatannya padat, bahkan sangat padat. Ia memulai aktivitasnya saat orang masih terlelap. Ia bangun malam, shalat tahajud dan beribadah sampai subuh menjelang. Setelah itu aktivitas demi aktivitas beliau jalani sampai malam larut.

Aktivitas semacam ini tidak hanya sekali dua kali, tetapi sudah menjadi aktivitas harian. Kesibukannya yang begitu padat masih memberinya kesempatan untuk mengaji Al-Qur’an, belajar ilmu-ilmu agama, bisnis, dan—ini yang menarik—menulis buku.

Buku yang telah beliau tulis tidak main-main. Sudah banyak, bahkan sangat banyak. Sekitar 150 judul buku. Tentu jarang ada orang mampu melakukan sebagaimana yang beliau lakukan.

Ya, beliau adalah Ustadz Yusuf Mansur (UYM). Saya yakin kawan-kawan sudah mengetahui tentang beliau. Ceramahnya enak. Mengalir dan mudah dipahami. Meskipun banyak juga kontroversi terkait beliau, namun saya tidak ingin masuk dalam wilayah ini. Biarlah saya belajar hal-hal positif saja dari beliau agar hidup saya semakin baik.

Anwar Sani, salah seorang yang menjadi pengelola lembaga yang didirikan UYM lewat buku yang ditulisnya tahun 2014—jadi sudah enam tahun lalu—dengan jujur menyatakan kekagumannya terhadap produktivitas UYM.  Sungguh luar biasa dan inspiratif. Bagi Anwar Sani, spirit semacam ini semestinya menjadi basis untuk ditiru oleh kita semua.

Spirit semacam ini sungguh tidak mudah ditiru. Ada banyak alasan yang dikemukakan. Jika alasan berbicara maka karya pasti tak ada. Salam.

 

Trenggalek, 26-9-2020

22 komentar:

  1. Subhanalloh.. Sungguh luar biasa, semoga terpercik barokahnya menjadi cermin aktivitasnya..

    BalasHapus
  2. Subhanallah..sungguh pribadi yg tauladan.

    BalasHapus
  3. UYM selalu mengajak umat untuk bersedekah. Semoga bisa mengikuti jejak langkah heliau.

    BalasHapus
  4. Patut untuk ditiru. Di tengah kesibukan masih sempat untuk menulis. Thanks pak.

    BalasHapus
  5. Jika alasan berbicara karya pasti tak ada. Sungguh menohok prof. Terimakasih pengingatnya👍

    BalasHapus
  6. Sangat bernas... orang yang bijak selalu dapat mengambil hal yang positif dalam segala keadaan.

    BalasHapus
  7. Inilah contoh longkrit Pribadi unggul

    BalasHapus
  8. Subhanallah..orang2 hebat perlu diteladani..

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.