Diskusi tentang Imam Sibawaih

April 28, 2021

 


 

 Oleh Ngainun Naim

 

Diskusi itu penting sekali. Sebagai akademisi yang bergelut dengan dunia ilmu, diskusi adalah sarana berbagi, menyerap ilmu, meluaskan wawasan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Tanpa diskusi, ilmu hanya akan menjadi gugusan pemikiran seseorang.


Rasanya senang sekali kegiatan webinar dengan nama Lecture Series yang diselenggarakan oleh LP2M IAIN Tulungagung sudah sampai Seri ke-37. Ya, berarti kegiatan ini sudah berlangsung selama 37 kali. Sebuah kegiatan yang tidak pendek tentunya.


Kegiatan Lecture Series dilaksanakan setiap hari rabo. Pada Rabo tanggal 28 April 2021 yang menjadi pembicara adalah Dr. H. Kojin, M.A. Temanya cukup menantang, yaitu Kontribusi Sibawaih terhadap Ilmu Bayan.


Dr. H. Kojin memang ahli dalam bahasa Arab, khususnya bidang nahwu. Beliau konsisten menghasilkan karya tulis dalam bidang ini. Topik yang hari ini beliau bawakan sesungguhnya adalah artikel yang beliau persiapkan untuk sebuah jurnal internasional.


Pada acara LS#37 hadir banyak peserta. Salah satunya adalah Dr. As’aril Muhajir. Beliau memberikan kontribusi pemikiran, di antaranya pentingnya menyederhanakan bahasa yang dipakai oleh Dr. Kojin karena tidak semua orang bisa memahaminya. Nama Sibawaih merupakan nama asing bagi mereka yang tidak menekuni bidang bahasa Arab.


Senada dengan Dr. As’aril, Dr. Nurul Chojimah juga menyampaikan bahwa informasi yang disampaikan oleh Dr. Kojin sangat bermanfaat. Sebagai orang yang berlatarbelakang bahasa Inggris, Dr. Nurul Chojimah melakukan konfirmasi pada penjelasan yang disampaikan narasumber. Dr. Kojin berterima kasih dan mengajak Dr. Nurul Chojimah untuk melakukan kolaborasi dalam penelitian selanjutnya.


Diskusi berlangsung selama 1,5 jam. Pada puku 11.30 Ahmad Fahruddin selaku moderator menutup diskusi. Semga kegiatan “merawat akal sehat” ini tetap konsisten dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Amin.

 

4 komentar:

  1. Apapun yang tampak di penglihatan bisa jadi tulisan bagi Pak Naim. Thank you for the summary and review.

    BalasHapus
  2. Tulisan yang bagus... Menggelinding indah... Natural dan apik... Ingin sekali bisa seperti ini Bapak...
    Thanks contohnya...

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.