Hidup Sehat

Oktober 29, 2021


 

Ngainun Naim

 

SATU ucapan yang nyaris selalu disampaikan oleh seorang kawan kiai muda kalau ketemu saya adalah pentingnya menjaga kesehatan. Beliau menyampaikan hal itu berdasarkan pengamatan atas kesehatan kawan-kawan yang beliau kenal sekaligus sebagai upaya untuk mengingatkan diri sendiri. Saya tentu sangat berterima kasih atas nasihat beliau. Nasihat sederhana tetapi kaya manfaat.

Belakangan saya menyukai terhadap perbincangan tentang kesehatan. Saya tidak tahu apa yang menjadi latar belakangnya. Mungkin juga usia yang terus merambat menua. Mungkin juga kesadaran untuk hidup secara lebih sehat. Hal ini disebabkan informasi yang saya terima tentang beberapa kawan yang mengalami sakit, bahkan ada juga yang meninggal dunia. Tentu saja saya sedih.

Hidup dan mati memang urusan takdir yang telah ditentukan Allah. Namun kita harus melakukan ikhtiar untuk menjalani hidup sebaik yang kita mampu. Peristiwa kawan yang sakit dan juga meninggal menjadi pelajaran yang sangat berharga buat saya. Apa artinya sukses jika sakit? Semua hal yang kita kejar akan tidak ada maknanya jika sakit mendera.

Seorang kawan sekolah pernah terserang stroke. Saya berbincang santai saat menjenguknya. Saya mencoba menelisik apa faktor yang menjadi penyebabnya stroke. Hasil perbincangan dengan beliau membuat saya menyimpulkan bahwa faktor yang utama adalah gaya hidup.

Beliau bercerita bahwa gaya hidupnya kurang baik. Makan tidak teratur, sering begadang, tidak pernah olahraga, dan acapkali stress. Rupanya akumulasi dari gaya hidup semacam itu yang menjadi pemicu stroke.

Beberapa kali saya berbincang dengan teman lain terkait persoalan kesehatan. Jika saya menyimpulkan, ada beberapa hal penting yang harus dilakukan agar kesehatan tetap terjaga. Pertama, tentu olahraga. Ya, olahraga harus dilakukan secara rutin. Di tengah kesibukan kerja yang semakin padat, biasanya lupa dengan olahraga. Padahal kerja sekarang ini kebanyakan tidak banyak menguras tenaga. Kerjanya lebih banyak duduk. Tentu ini sebuah kondisi yang kurang menyehatkan karena kita semakin malas bergerak.

Saya sangat kagum pada kawan-kawan yang teguh dan disiplin. Seorang kawan rutin setiap pagi olahraga selama sejam sebelum melaksanakan aktivitasnya. Ini teladan yang penting diikuti meskipun sungguh tidak mudah melaksanakannya.

Kedua, mengatur makan. Seorang kawan bercerita bagaimana di masa kecil hidupnya sangat sengsara. Untuk makan saja sangat sulit. Kini, kita hidupnya sejahtera, ia tidak bisa menikmati makan enak. Penyakit menggerogotinya. Ada asam urat, kolesterol, dan juga diabetes.

Seorang kawan bercerita bagaimana ia begitu disiplin dalam persoalan makanan. Tidak semua hal ia konsumsi. Juga tidak setiap waktu. Saat malam ia berusaha betul untuk tidak makan. Seluruh aktivitas makan, kecuali yang ringan, ia hentikan. Tujuannya agar sehat.

Ketiga, menjaga diri dari stress. Caranya banyak. Salah satunya adalah dengan rajin beribadah. Semakin dekat dengan Allah, semakin hati tenang. Jiwa yang tenang membuat pertahanan diri cukup kokoh saat menghadapi masalah.

Sebagai penutup catatan sederhana ini, saya akan mengutip satu paragraph tulisan dr. Tan Shot Yen yang berjudul Nasehat Buat Sehat (Jakarta: Gramedia, 2020: 11);

Orang sehat akan aktif untuk menjadi tetap sehat, bahkan meluangkan waktu untuk mengupayakan kesehatannya. Ia ikhlas berjalan kaki ke pasar tradisional atau pasar swalayan terdekat ketimbang menjunjung kepraktisan dengan membeli pengganjal perut yang isinya hanya si peracik yang tahu—yang penting laku dijual dan nikmat bagi kebanyakan lidah orang.

 

Trenggalek, 29-10-2021

8 komentar:

  1. Terima kasih Prof. Sdh diingatkan kembali utk menjaga kesehatan Krn byk orng melupakan.

    BalasHapus
  2. Betul Pak, ternyata profesi guru termasuk yg sering kerja lembur di rumah.
    Mengaku gak sempat olahraga.

    BalasHapus
  3. Thanks sudah mengingatkan untuk sll menjaga kesehatan, pak doktor.

    BalasHapus
  4. Sangat bermanfaat, kesehatan bukan segala galanya, tetapi tanpa sehat segalanya tak dapat dilaksanakan

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.