Harmoni dalam Keragaman

Juli 15, 2023

Pembukaan di IAIN Parepare
 

Ngainun Naim

 

Judul catatan ini merupakan tema KKN Nusantara Moderasi Beragama tahun 2023. Kegiatan ini diinisiasi oleh Kementerian Agama RI. Panitia pelaksana adalah IAIN Parepare. Lokasi KKN ada di Kabupaten Tana Toraja. Pesertanya adalah mahasiswa PTKIN dan beberapa perguruan tinggi keagamaan lain dari seluruh Indonesia.

KKN itu merupakan program wajib. Mahasiswa S1 harus mengambilnya. Lewat KKN, mahasiswa terjun langsung ke masyarakat.

Masyarakat itu menghadirkan realitas kehidupan empirik. Teori di ruang kuliah didialogkan dengan realitas. Di sinilah proses pendewasaan diri berlangsung.

Mahasiswa bisa menjadikan KKN sebagai sarana belajar bersama masyarakat. Perspektif ini penting karena mengisyaratkan kemauan untuk membuka diri dan belajar. Inilah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas diri.

Realitas kehidupan masyarakat itu dinamis. Tidak seindah yang dibayangkan. Riak-riak acapkali bermunculan. Tidak jarang yang juga bermetamorfosis menjadi konflik. Meskipun jelas tidak diharapkan, realitas yang ada menunjukkan adanya konflik tersebut.

Tentu kita sebagai akademisi tidak bisa tinggal diam. Kampus, dengan tri dharma perguruan tinggi, harus memberikan kontribusi nyata terhadap kehidupan. Pengabdian, salah satunya lewat KKN, merupakan sarana aktualisasi ilmu pada tataran praktis.

KKN Nusantara Moderasi Beragama merupakan ikhtiar serius dan sistematis untuk membangun pengetahuan, pemahaman, dan kesadaran mahasiswa dan dosen terhadap realitas keanekaragaman yang ada di masyarakat. Upaya-upaya serius dalam konteks ini penting karena keanekaragaman, jika tidak dikelola secara baik, bisa menjadi bencana. Kita memiliki pengalaman yang kaya tentang hal ini.

KKN Nusantara Moderasi Beragama merupakan kegiatan penting dan bermanfaat. Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai kampus keagamaan di Indonesia ini terbukti memberikan pengalaman berharga pada para peserta. Lewat kegiatan semacam ini diharapkan masa depan Indonesia semakin cerah.

Harmoni kecil kemungkinannya bisa terbangun dengan sendirinya. Ia harus diusahakan secara terus-menerus. KKN Nusantara Moderasi Beragama tahun 2023 dengan tema Harmoni dalam Keragaman tepat jika diletakkan dalam perspektif ini.

 

Trenggalek, 15 Juli 2023

2 komentar:

  1. Mantab sekali. Saat terjun ke lapangan, mahasiswa akan menemukan bahwa masalah di masyarakat berbeda dengan kehidupan mahasiswa. Mereka akan menemukan saat praktik terjun di lapangan. Selamat belajar ilmu kehidupan wahai Mahasiswa :)

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.