Rumah SKP

Januari 25, 2024


Ngainun Naim

 

Kawan-kawan ASN di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung beberapa waktu terakhir sibuk dengan beberapa tugas teknis yang harus diselesaikan. Rasanya beruntun. Satu belum tuntas, datang tugas berikutnya. Salah satunya adalah Sasaran Kinerja Pegawai atau SKP.

 

SKP adalah rencana dan target kinerja yang dibuat oleh pegawai yang harus dicapai dalam jangka waktu tertentu. Setiap tahun ASN harus membuat SKP. Bedanya, tahun ini SKP harus dibuat secara online melalui https://kinerja.bkn.go.id.

 

Sesungguhnya ini tidak hanya terjadi di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung saja. Ini berlaku di semua PTKIN. Rasanya nano-nano. Youtube tutorial pengisian SKP laris manis.

 

Ini memang hal baru bagi kami. Adaptasinya tidak selalu mudah. Sistem juga tidak selalu lancar.

 

Wajar jika grup WA heboh. Saling bertanya, saling memberikan masukan, dan saling bingung bersama. Sungguh menyenangkan menyimak diskusi di grup WA meskipun sesungguhnya menjadi bagian yang juga bingung.

 

Menyelesaikan Persoalan

 


Beberapa tahun terakhir muncul lembaga-lembaga yang menawarkan pendampingan penulisan artikel jurnal, khususnya artikel jurnal internasional bereputasi. Peminatnya cukup banyak. Hal ini disebabkan karena menulis artikel jurnal internasional itu sangat penting dan menentukan karir seorang dosen. Tanpa artikel jurnal, seseorang tidak akan bisa mendapatkan gelar Guru Besar.

 

Menulis artikel jurnal itu memang tidak mudah. Bisa dikatakan cukup sulit. Jangankan bisa terpublikasikan, bisa menyelesaikan proses penulisannya sendiri sudah merupakan sebuah perjuangan yang tidak ringan.

 

Salah satu pendapat menyatakan bahwa menulis artikel jurnal itu membutuhkan nafas panjang. Sulit bagi orang yang tidak pernah menulis pendek untuk bisa menghasilkan artikel panjang. Sulit bukan berarti tidak bisa. Tentu saja tetap bisa, tetapi perjuangannya panjang dan melelahkan.

 

Bagi yang terbiasa menulis pendek, menulis panjang itu soal adaptasi. Jika melakukannya beberapa kali, tentu ritmenya akan bisa diadaptasi. Jadi tingkat kesulitannya akan semakin berkurang.

 

Kelas-kelas menulis untuk artikel jurnal internasional bereputasi itu bertujuan membantu kawan-kawan dosen agar memiliki pengetahuan, wawasan, dan keterampilan dalam menulis. Tujuan akhirnya adalah memiliki artikel yang bisa terbit di jurnal bereputasi sehingga bisa dipergunakan untuk menunjang karirnya.

 

Jadi fungsi mendasarnya adalah membantu kawan-kawan sampai persoalan demi persoalan terurai dan teratasi. Dalam kerangka yang sama, kesulitan demi kesulitan menuntaskan SKP telah menghabiskan banyak energi, waktu, dan biaya. Wajar jika kemudian ada usulan untuk membuat Rumah SKP yang bisa membantu kawan-kawan menyelesaikan persoalan SKP.

 

Tahun Akreditasi

Rektor UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dalam beberapa kesempatan menjelaskan bahwa tahun 2024 adalah tahun akreditasi. Aspek yang perlu menjadi kesepakatan bersama adalah persiapan menyongsongnya.

 

Tahun akreditasi tentu bukan slogan semata. Ini harus disambut dengan persiapan serius. Salah satu hal yang perlu dipersiapkan adalah data dukung.

 

Data-data yang ada perlu sinkronisasi. Selanjutnya adalah membangun komunikasi intensif untuk melakukan kerja sama dan sama-sama kerja demi suksesnya akreditasi.

 

Sipinmas sebagai aplikasi untuk menyimpan data-data penting perlu dimaksimalkan. Caranya adalah Bapak Ibu dosen input data-datanya di Sipinmas. Data-data ini sangat penting artinya sebagai bagian penting dari akreditasi.

 

Ada banyak usulan dan gagasan dari kawan-kawan dosen. Salah satunya adalah penyederhanaan sistem. Tidak perlu banyak sistem.

 

Gagasan ini bagus namun implementasinya tidak sederhana. Perlu diskusi dan analisis dengan mempertimbangkan berbagai aspek secara komprehensif.

 

Prigen Pasuruan, 25 Januari 2024

 

Catatan saat melaksanakan Rapat Kerja Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung di Prigen Pasuruan, 24-26 Januari 2024

 

6 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.